Minum Air Putih Bikin Proses Persalinan Lancar

Rabu, 02 Juli 2014 09:30
Minum Air Putih Bikin Proses Persalinan Lancarilustrasi @lifetimeadoption.com
Bagi sebagian calon ibu, proses bersalin bisa menakutkan. Cerita seram seputar sakit dan lamanya persalinan kerap membuat calon ibu ngeri. Padahal kengerian itu bisa dikurangi. Salah satunya dengan banyak minum air putih.

Tidak banyak penelitian yang menyelediki kaitan antara persalinan dengan konsumsi air minum pada ibu hamil. Meski tanpa rasa dan aroma, tapi manfaat air putih luar biasa untuk ibuhamil dan menyusui. Kandungan air dalam tubuh manusia: dewasa 60% - 70%, bayi 80% dan janin lebih dari 90%.

Sebuah buku yang ditulis oleh beberapa dokter seperi, DR. Dr. Budi Iman Santoso, Sp.OG (K), Prof. DR. Ir. Hardinsyah, MS, DR. Dr. Parlindungan Siregar, Sp.PD-KGH, dan Dr. Sudung O. Pardede, Sp.A (K) yang berjudul 'Air Bagi Kesehatan' edisi kedua terbitan tahun 2012 ini menuliskan pentingnya mengkonsumsi air putih untuk ibu hamil agar dapat membuat ibu terhindari dari keadaan hipovelimia (penurunan jumlah darah dlam tubuh) saat persalinan.

"Biasanya cairan yang dianjurkan berupa susu atau teh manis agar tidak hanya memberi manfaat hidrasi tapi juga membuat ibu berenergi," tulis para ahli kesehatan ini.

Selain itu, air putih juga dipercaya mencegah dehidrasi, memperlancar aliran darah, mencegah persalinan prematur, membuang bakteri dari ginjal dan mencegah sembelit. Maka dari itu diperkirakan ibu hamil memerlukan tambahan air minum minimal 2 gelas (500 mL) sebelum fase aktif persalinan.
(okta)
Komentar