Mengintip Keindahan Hinatuan, Sungai Ajaib Tak Berhulu di Filipina

Minggu, 29 Juni 2014 22:45
Mengintip Keindahan Hinatuan, Sungai Ajaib Tak Berhulu di FilipinaSungai Hinatuan Filipina @kaskus.co.id
Wisata ini merupakan salah satu yang terpopuler di Mindanao, Filipina. The Hinatuan Enchanted River ini tersembunyi di balik vegetasi tebal Hinatuan, Surigao del Sur mempunyai airyang biru, dingin, jernih, dan segar membuat kolam tak berdasar ini banyak dikunjungi para turis. Bahkan banyak yang menyebut sungai ini sebagai akuarium raksasa.

Sungai ini yang dikelilingi dengan pohon palem dan memiliki air yang jernih dan berwarna biru membuatnya terlihat seperti surga sungai di Filipina. Banyaknya spesies ikan di dalam sungai yang dapat dilihat dengan mata telanjang menjadi alasannya.

Tapi sungai yang memiliki nama Hinatuan ini yang membelah pulau Mindanao dan juga kedua terbesar di bagian selatan wilayah Filipina ini tidak memiliki sumber air yang tidak diketahui asalnya. Penduduk setempat merasa bahwa ada mata air bawah tanah yang mungkin menjadi sumber air ini, namun belum bisa dipastikan kebenarannya.

Tentunya fakta kedua ini membuat sebagian besar penduduk maupun ilmuwan terheran-heran, karena air yang terdapat pada sungai ini merupakan air asin. Karena kedekatannya dengan laut, beberapa orang percaya sungai ini terbentuk ketika air laut mengalir melalui terowongan panjang dan gua-gua yang dalam ke bawah tanah yang akhirnya muncul ke permukaan disaat musim semi.

Fakta berikutnya adalah, sungai ini dipercaya tidak memiliki hulu. Para penyelam pernah melakukan survei untuk menemukan dasar sungai, tapi semakin kedalam para penyelam tersebut justru menemukan beberapa gua lagi yang makin kecil dan sempit. Inilah dasar yang menjadikan sungai tersebut dinamakan sungai tanpa dasar atau tidak memiliki hulu.

Uniknya, pada pukul 12 siang, akan terdengar bunyi bel yang berarti setiap wisatawan yang berenang di sungai ini harus menghentikan aktivitasnya. Bahkan dilarang keras berada di dalam air. Karena pada pukul 12, petugas akan membuang makanan ke dalam sungai dan seketika sekelompok ikan besar muncul entah berasal darimana. Setelah kenyang, ikan-ikan tersebut perlahan menghilang dari permukaan seolah tak ada sesuatu yang terjadi.

Karena keunikan-keunikan tersebut, banyak wisatawan yang merasa penasaran ingin mengunjunginya. Setiap tahun, kawasan ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik asing maupun lokal. Akhirnya kawasan ini dikembangkan sebagai lokasi piknik dan bahkan beberapa cottage telah tersedia guna memudahkan wisatawan yang ingin berenang.
Klik foto untuk melihat ukuran besar
Komentar