Foto Jokowi di Antara Lautan Pendukungnya di Monas Palsu?

Rabu, 25 Juni 2014 11:15
Foto Jokowi di Antara Lautan Pendukungnya di Monas Palsu?Foto asli dan palsu Jokowi dan pendukungnya di Monas @merdeka.com

Acara gerak jalan Revolusi Mental di Monas Jakarta Pusat sebagai dukungan kepada capres Joko Widodo (Jokowi) dihadiri ribuan orang.

Namun, belakangan foto yang beredar di internet yang memperlihatkan Jokowi berdiri di atas panggung dan dikerumuni lautan manusia ternyata diketahui palsu, alias editan.

Analisa bahwa foto tersebut palsu pun kemudian ramai dibahas di media sosial Twitter.

Dalam analisa tersebut, ada beberapa bagian pada monas hilang, lalu sebagian pendukung juga terpotong.

Foto palsu ini kemudian disandingkan dengan foto asli hasil jepretan wartawan Antara saat gerak jalan berlangsung. Dalam foto asli itu, memang para peserta gerak jalan tersebut tidak sampai memenuhi monas, di sisi dekat tugu Monas terlihat kosong.

Banyak yang nyiyir dan meledek foto tersebut.

"SUDAH FOTO EDITAN .. Ternyata juga gak izin melakukan kampanye, Ahok pun mulai bengah juga sama Jokowi," kicau Win Iskandar lewat akun Twitter-nya @fymahabbah dikutip Merdeka, Selasa (24/6/2014).

"Berdoa semoga pendukung/relawan atau siapapun yg dikung jokowi-jk nggak terpengaruh sama editan foto & kampanye akun abal2 di twitter," tulis Enggar Pradityo pemilik akun @enggarpradityo.

(nay)
Komentar