BBM Aplikasi Chat Paling Populer di Indonesia

Sabtu, 14 Juni 2014 09:00
BBM Aplikasi Chat Paling Populer di IndonesiaPeluncuran BBM untuk iOS dan Android @technobuffalo.com
Saat ini, aplikasi pesan instan (chat/chatting)menjadi salah satu aplikasimobile yang paling diminati. Pilihan aplikasi messenger yang ada di pasaran sangatlah beragam, terlebih bagi pengguna smartphone.

Beberapa tahun lalu BlackBerry Messenger (BBM) merajai aplikasi chatting. Munculnya pesan instan WhatsApp, LINE dan lainnya, mulai mengancam dominasi BBM. Maka tak heran pada tahun lalu, BlackBerry meningkatkan layanan BBM pada lintas sistem operasi. BBM akhirnya dapat dinikmati pengguna Android dan iOS.

Tahun lalu Nielsen on Device Meter (ODM) melakukan survey terhadap perilaku konsumen di Indonesia, yang bertema Smartphone Consumer Insight. Survey yang dilakukan selama bulan Mei 2013 ini mengungkapkan bahwa masyarakat Indonesia menggunakan Smartphone selama 189 menit per hari.

Kali ini Nielsen on Device Meter (ODM) kembali melakukan survey pada Febuari 2014 yang dirilis Kamis(12/6/2014), menunjukkan untuk kebutuhan chatting, BBM masih dipakai oleh 79 persen pengguna ponsel pintar Indonesia. BBM memuncaki penggunaan pesan instan.

Data dari Nielsen on Device Meter

Pada urutan kedua, WhatsApp membayangi dengan pengguna 57 persen, disusul LINE dengan raihan 30 persen.

Dikutip dari tabloidpulsa.co.id, 79% konsumen menggunakan BBM untuk mengobrol, disusul dengan aplikasi WhatsApp (57%) dan LINE (30%). Rata-rata waktu yang dihabiskan per hari untuk mengobrol dengan BBM adalah 23,3 menit, 6,2 menit dengan WhatsApp dan 5,1 menit dengan LINE, demikian tulis Nielsen dalam keterangan resminya.
(okta)
Komentar