Riset : Mahasiswa Pengguna Laptop Lebih Berpeluang di DO Daripada Pengguna Pensil

Senin, 09 Juni 2014 16:30
Riset : Mahasiswa Pengguna Laptop Lebih Berpeluang di DO Daripada Pengguna Pensililustrasi @blog.lib.umn.edu
Sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukan, penggunaan laptop dikalangan mahasiswa meningkatkan kemungkinan di Drop Out atau DO. Hal ini berbeda jika mahasiswa lebih sering menulis menggunakan pensil.

Hal ini dibuktikan dari suatu tes yang dilaksanakan 15 menit setelah proses kuliah di universitas itu. Secara mengejutkan mahasiswa yang mencatat dengan laptop mendapat nilai jauh lebih rendah dari mereka yang hanya menggunakan pensil.

Diketahui mahasiswa pemakai laptop cenderung terlalu fokus mencatat seluruh kalimat-kalimat yang disampaikan oleh dosen, namun menghiraukan inti dari kuliah tersebut.

Berbeda dengan mahasiswa pemakai pensil, mereka cenderung memilih tiap kata dan susunan kalimat sehingga lebih mudah diingat.

Selain itu, penggunaan laptop juga punya andil dalam mengalihkan perhatian mahasiswa. Menurut penelitian lain oleh Carrie B. Fried dari Winoma State University, seperti dilansir dari Vox, Minggu (8/6/2014).

Ditengarai banyaknya gangguan saat menggunakan laptop sangat mempengaruhi konsentrasi mahasiswa menjadi terpecah. Gangguan tersebut dapat berubah game, chatting di jejaring sosial, hingga menonton video.
(nay)
Komentar