Angka Kehamilan Pelajar AS Meningkat, Guru Bagikan Kondom ke Siswa SMP

Kamis, 05 Juni 2014 16:30
Angka Kehamilan Pelajar AS Meningkat, Guru Bagikan Kondom ke Siswa SMPilustrasi @abcnews.go.com

Merebaknya kasus kehamilan pada tingkat pelajar membuat guru-guru di Oregon, Amerika Serikat membagikan kondom bagi anak SMP, SMA, dan Sekolah Tinggi.

"Ini telah dibicarakan dengan orangtua murid dan Dewan Sekolah. Dari pertemuan pada 14 Mei lalu, Dewan Sekolah menyatakan dukungannya atas distribusi kondom dari kelas 6 sampai 12. Walaupun begitu ada saja orangtua murid yang tidak mendukung. Saya sendiri orangtua dari empat remaja perempuan," kata anggota dewan sekolah, seperti dilansir Medicaldaily, Kamis (5/6/2014).

Menurut anggota dewan sekolah, kondom tersebut tidak langsung dibagikan, sebab ada beberapa peraturan yang harus diapatuhi.

"Siswa yang meminta kondom akan diberikan pendidikan seks secara informal dengan guru. Keputusan ini dibuat untuk memungkinkan beberapa guru untuk melakukan pengawasan dengan siswanya," ujar seorang guru.

Menurut Jurnal Pediatric, penggunaan kondom adalah metode paling efektif untuk mencegah kehamilan.

Dan dari data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Langkah juga menunjukkan pada 2013 sekitar 274.641 remaja melahirkan di antara usia 15 sampai 19 tahun.

Angka kehamilan pada siswa berkulit hitam mengalami peningkatan dibandingkan siswa berkulit putih.

(nay)
Komentar