Ahmed Aboutaleb, Walikota Muslim di Belanda ini Pengagum Jokowi

Kamis, 05 Juni 2014 11:15
Ahmed Aboutaleb, Walikota Muslim di Belanda ini Pengagum JokowiWalikota muslim Ahmed Aboutaleb di Belanda @metronieuws.nl

Seorang muslim yang menjadi wali kota di Rotterdam, Belanda ternyata mengagumi sosok Jokowi yang pernah masuk dalam kandidat Walikota Terbaik di Dunia.

Di sela-sela pertemuan konferensi wali kota dunia di Singapura, Ahmed Aboutaleb menceritakan perihal kekagumannya akan Jokowi.

"Aku enggak pernah ketemu dengan orang yang sederhana tapi sangat visioner seperti dia (Jokowi). Dia mengambil wakilnya yang beragama Kristen, yang mana itu adalah bagian dari minoritas di sebuah negara berpenduduk Islam terbesar, seperti Indonesia," kata dia dalam bahasa Inggris, dikutip dari Detik, Rabu (4/6/2014).

Ahmed, merupakan warga Belanda kelahiran Maroko. Sebagai seorang muslim, Ahmed mengaku dia juga menghadapi tantangan yang tak kalah besar ketika maju dalam pemilihan.

Menurutnya, seorang minoritas bisa memimpin kota Metropolitan seperti Jakarta, adalah tanda kemajuan demokrasi. Hal ini berhasil dijalankan dengan baik oleh Jokowi bersama Ahok.

"Dia (Jokowi) melakukan hal yang simple, tapi dia membawa demokrasi. Sama seperti Gandhi, dia bilang ke pengikutnya yang Hindu agar membiarkan pemimpin muslim memimpin India," kata dia.

Ahmed mengaku pernah sekali bertemu Jokowi ketika berkunjung ke Balai Kota DKI tahun lalu. Menurut Ahmed, dirinya dan Jokowi memiliki kesamaan.

jokowi

"Dia jadi inspirasi bagi banyak orang. Aku melihat cerminan diriku ada pada kepribadiannya. Sama sederhana, sama-sama berlatar pengusaha mebel. Dia jadi gubernur dan akan ikut pemilihan persiden. Aku mengagumi itu. Dia sangat peduli dan kerja untuk melayani masyarakatnya, mengurus transportasi publik. Dan jujur, bagiku dia mirip seperti Gandhi di India," pungkasnya.

(nay)
Komentar