Koruptor China Liu Han Dijatuhi Hukuman Mati

Sabtu, 24 Mei 2014 15:30
Koruptor China Liu Han Dijatuhi Hukuman MatiTerpidana korupsi, Liu Han @theaustralian.com.au

China dikenal menerapkan hukuman berat kepada koruptor. Baru-baru ini pengadilan di China menjatuhi vonis hukuman mati kepada pengusaha taipan, Liu Han.

Liu Han dikenal dekat dengan sejumlah pejabat senior Partai Komunis China, dia dinyatakan bersalah setelah terbukti melakukan korupsi secara sistematis.

Menurut kantor berita Xinhua, vonis dijatuhkan pengadilan beserta adik Liu Han, Liu Wei. Mereka berdua termasuk dalam daftar 36 orang yang dijatuhi vonis hukuman mati atas kasus serupa.

liu_han

Diduga kuat hukuman mati atas Liu adalah bagian dari operasi Xi Jinping. Operasi ini menargetkan orang-orang dekat Zhou Yongkang, mantan pejabat senior Partai Komunis China.

Menurut hakim, Liu Han dan jaringannya melakukan tindakan praktik korupsi untuk memperkaya perusahaan secara rapi dan sistemik.

Surat dakwaan menyatakan, Liu Han dan kelompoknya melakukan kolusi dengan sejumlah pejabat pemerintahan dan secara tidak sah mengendalikan industri mesin permainan di Guanghan, Provinsi Sichuan.

koruptor_china

Diketahui mantan direktur pertambangan Sichuan Hanlong Group, Liu Han sempat masuk urutan 148 dalam daftar orang-orang kaya di China versi majalah Forbes pada 2012.

Tidak hanya Liu bersaudara, beberapa orang dekat Zhou pun telah menjalani pemeriksaan dalam beberapa bulan terakhir. Zhou pernah menjabat sekretaris partai di provinsi Sichuan sebelum memimpin Kementerian Keamanan Publik pada 2003.

(nay)
Komentar