Kerusuhan Anti-China di Vietnam Tewaskan Lebih Dari 20 Pendemo

Jum'at, 16 Mei 2014 10:45
Kerusuhan Anti-China di Vietnam Tewaskan Lebih Dari 20 PendemoPara pendemo anti China di Vietnam @reuters.com

Protes warga Vietnam terhadap tapal batas teritotial laut China di Laut China Selatan telah menewaskan lebih dari 20 orang, hal ini dilansir dari Times, Kamis (15/5/2014).

Kerusuhan pecah di pabrik baja terbesar di Vietnam pada Rabu malam (14/5/2014). Seorang dokter di sebuah rumah sakit di provinsi Ha Tinh menyaksikan lima pekerja Vietnam 16 orang warga China tewas dalam kerusuhan.

"Sekitar seratus orang dikirim ke rumah sakit tadi malam. Kebanyakan warga Tiongkok. Lebih banyak lagi yang dikirim ke rumah sakit pagi ini," ujar dokter tersebut.

anti_china

Diberitakan oleh media Taiwan, para perusuh menyerang sebuah pabrik baja besar di provinsi Ha Tinh milik Formosa Plastics Group, investor terbesar Taiwan di Vietnam. Rencananya pabrik itu selesai dibangun pada 2020 nanti.

Salah seorang polisi yang bertugas, Di Binh Duong mengatakan ada lebih 460 perusahaan melaporkan ada kerusakan di pabrik mereka.

anti_china

"Lebih dari 40 polisi terluka saat bertugas, terutama oleh batu bata dan batu dilemparkan oleh ekstrimis," kata koran pemerintah Thanh Nien (kaum muda).

Tercatat sejak tahun 1979 Vietnam dan Tiongkok bertikai dalam sengketa perbatasan.

(nay)
Komentar