7 Komplikasi Umum yang Dialami Ibu Hamil

Rabu, 07 Mei 2014 19:00
7 Komplikasi Umum yang Dialami Ibu HamilIlustrasi ibu hamil @tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com
Kehamilan merupakan hal yang paling istimewa dan menakjubkan bagi setiap wanita. Fakta bahwa Anda menciptakan dan mempertahankan kehidupan dalam diri Anda adalah suatu mukjizat.

Tubuh Anda akan mengalami perubahan yang besar selama hamil. Beberapa orang mengalami kelebihan berat badan, pertumbuhan rambut meningkat, dan ada beberapa perubahan hormonal lainnya yang membuat wanita rentan terhadap perubahan suasana hati.

Hal normal yang bisa wanita hamil alami adalah pembengkakkan pada payudara dan kaki secara normal. Selain itu ada perubahan lainnya yang menimbulkan komplikasi bagi wanita maupun bayi yang dikandungnya. Memang tidak semua wanita mengalami hal tersebut, namun banyak wanita mengalami komplikasi dan ketakutan selama masa kehamilan.

Berikut beberapa komplikasi umumyang setiap wanita dapat alami selama kehamilannya, seperti yang dilansir MagForWomen.

Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi terjadi karena dinding arteri menebal hingga membatasi aliran darah ke seluruh tubuh dan rahim Anda. Hipertensi selama kehamilan dapat menyebabkan preeklamsia atau kelahiran prematur.

Diabetes gestational

Beberapa kebiasaan ibu hamil mengidam dapat memicu timbulnya diabetes gestasional. Diabetes ini dapat hilang setelah melahirkan, namun ada beberapa juga wanita yang mengidap diabetes setelah melahirkan.

Preeklamsia

Komplikasi lain yang dapat berakibat buruk terhadap ibu hamil adalah preeklamsia. Tidak ada yang yahu apa penyebabnya, namun ada beberapa alasan menyebutkan penyebabnya adalah karena preeklamsia yang dialamai pada kelahiran sebelumnya, hipertensi, diabetes, dan lain-lain.

Keguguran

Hal ini adalah ancaman bagi semua ibu hamil. Meskipun jarang sekali terjadi namun para ibu hamil harus selalu waspada. Ibu hamil harus berhati-hati pada 20 hari pertama kehamilan, karena usia kandungan masih rentan. Banyak sekali kasus keguguran terjadi pada usia kandungan 20 hari. Keguguran terjadi secara alami, ketika tubuh menolak janin atau rahim dalam keadaan lemah.

Anemia

Kemungkinan lain yang ibu hamil alami adalah anemia berat. Dia mengalami sesak nafas dan mulai terlihat jauh lebih pucat dari biasanya. Ibu hamil memerlukan banyak nutrisi untuk tubuh dan si bayi. Anemia pada ibu hamil bisa secara mudah diobati hanya dengan memakan makanan yang tepat.

Mual parah dan muntah

Ini bisa menjadi hal serius ketika ibu hamil benar-benar tidak menelan atau membaui makanan. Dia bisa dehidrasi dan janin mungkin tidak dapat semua nutrisi yang diperlukan.

Kelahiran prematur

Kelahiran prematur merupakan komplikasi yang paling ditakuti oleh ibu hamil. Stress atau masalah biologis lainnya dalam tubuh dapat mengakibatkan kelahiran prematur. Bayi akan merasa aman dan sehat setelah mencapai usia kehamilan ke-36 hari.
(my)
Komentar