Google Street View Mengajak Kita Jelajahi Waktu

Sabtu, 26 April 2014 20:00
Google Street View Mengajak Kita Jelajahi Waktu
Semakin canggihnya aplikasi peta jalan di smartphone dan web menjadikan orang tidak lagi ragu melakukan perjalanan. Adanya peta yang dapat dibuka secara online maupun disimpan di smartphone menjadikan banyak orang dapat menjelajah secara aman dan menyenangkan. Google adalah salah satu perusahaan yang agresif dalam mengembangkan fitur peta miliknya. Google Maps telah menjadi rujukan banyak orang dan menjadi salah satu peta web dan aplikasi navigasi smartphone terbaik di dunia. Salah satu fitur Google Maps yang disukai pengguna adalah Street View. Ini adalah fasilitas Google yang memungkinkan pengguna untuk mengeksplorasi jalan-jalan tertentu dengan sudut pandang mencapai 360 derajat, dalam artian kita dapat melihat secara rinci apa yang ada di lokasi tersebut mirip dengan aslinya. Meskipun tidak dapat dilihat untuk seluruh sudut Google Maps, Street View tetap saja memberikan pengalaman khas yang menyenangkan bagi para penggunanya. Mungkin kamu yang sudah memanfaatkan Street View mengakui bahwa ada sensasi sendiri mengetahui lingkungan tempat kamu berada ternyata sudah masuk ke Street View dari Google Maps dan pemandangan yang ditampilkan mirip dengan yang tengah kamu saksikan saat ini. Kali ini, Street View tidak hanya mengajak para penggunanya untuk berkelana ke sudut-sudut tertentu di berbagai belahan bumi, tapi juga berkelana menjelajah waktu!

Google Maps baru saja menambahkan sebuah slider pada fasilitas petanya, yang memungkinkan pengguna mendapatkan data bagaimana tampilan lokasi yang dirujuk lewat Street View tersebut hingga tujuh tahun silam, tepatnya pada tahun 2007. Apa gunanya? Tentu saja dengan demikian kamu bisa membandingkan, apa saja yang terjadi dalam kurun waktu tersebut di suatu tempat. Perubahan yang terjadi dalam sebuah bangunan, jalan, atau lokasi tersebut tentu saja menyenangkan untuk disaksikan.



Bila lingkungan tempat tinggalmu adalah lokasi yang dijangkau oleh street view, mungkin kamu bisa mengenang sendiri, apa saja yang berubah dari tempat tersebut dalam kurun waktu selama itu.

Fitur ini membawa Nostalgia dan barangkali Google hanya ingin agar kita lebih peduli pada lingkungan kita karena perubahan di sekitar kita terkadang terjadi tanpa kita sadari.
(ec)
Komentar