Waspadai Windows Bajakan, Kenali Ciri-Cirinya

Kamis, 24 April 2014 13:00
Waspadai Windows Bajakan, Kenali Ciri-Cirinyailustrasi @rustedreviews.com
Saat ini peredaran software Windows semakin mengkhawtirkan, sebab para pembajak semakin canggih. Dikatakan Ronald A Schwarz, konsultan Microsoft bahwa pada produk asli di bagian belakang kemasannya terdapat stiker asli dari importir.

"Yang asli ada importir aslinya, sedangkan yang palsu tidak ada," kata Ronald saat gelar kasus di Dit Reskrimsus Polda Jateng, Jalan Sukun, Semarang, Rabu (23/4/2014).

Masih menurut Ronald, meski semakin canggih sebuah bajakan, tapi masih tidak bisa menyainggi kecanggihan produk asli yang membubuhkan 'tanda' pada tiap kepingan.

"Yang palsu jika ada hologramnya, itu merupakan stiker. Palsu belum bisa membuat hologram yang langsung di kepingan. Kalau palsu sekilas memang sama," imbuhnya.

Dari segi harga, semakin murah harga software harusnya dicurigai. Biasanya dari pihak penjual juga menawarkan produk bajakan.

Pihak Microsft melakukan survei tiga pasar kota besar, yaitu Jakarta, Bandung dan Semarang. Untuk di Semaran saja Dit Reskrimsus Polda Jateng berhasil menyita 27 pack Software Microsoft Windows 7 bajakan hanya dari tiga toko.

Jonathan Selvasegaram dari Microsoft Digital Crimes Unit mengatakan "Konsumen harus lebih waspada dalam melakukan pembelian perangkat lunak atau komputer baru mereka."

Sejatinya software aslinya dijual antara Rp 1,14 juta hingga Rp 1,86 juta, sementara yang bajakan paling mahal Rp 950 ribu.
(jas)
Komentar