Metode Hormonal Cara Populer Mencegah Kehamilan

Rabu, 23 April 2014 20:15
Metode Hormonal Cara Populer Mencegah Kehamilanilustrasi @bable.com
Ada berbagai alasan bagi sebagian wanita menunda kehamilan, dan cara yang tengah populer adalah dengan metode hormonal. Metode ini sejatinya menunda pembuahan dengan menggunakan hormon sebagai katalisnya.

Di bawah ini adalah beberapa yang termasuk metode hormonal.

Pil pencegah kehamilan

Ada 2 jenis pil ini yaitu Progestin-only pils (POPs) dan Emergency Contraceptive Pills (ECPs). Kedua pil ini memiliki kandungan estrogen sintetik yang dapat mencegah ovulasi. Pil ini juga mesti dikonsumsi setiap hari.

Lembaran kontrasepsi

Atau juga dikenal dengan contraceptive patch. Kontrasepsi ini berbentuk lembaran plastik tipis, cara menggunakannya dengan menempelkan padaada perut bagian bawah, bokong, lengan, atau tubuh bagian atas.

Vaginal ring

Cincin berukuran 2 inci ini mengandung estrogen sintetis dan progestin. Cara penggunaanya dengan memasukan ke dalam vagina. Untuk selanjutnya selama 3 minggu kontrasepsi ini akan mengeluarkan hormon yang mencegah pembuahan.

Implantale rods

Bentuknya batang seukuran korek api, batangan ini disisipkan di bawah kulit lengan atas. Batang ini dapat ditanam di tubuh wanita selama 4-5 tahun. Implantable rods akan mengeluarkan hormon progestin.
(nay)
Komentar