Inilah Artis Ibukota Yang Gagal jadi Anggota DPR

Rabu, 23 April 2014 16:45
Inilah Artis Ibukota Yang Gagal jadi Anggota DPRAngel Lelga @sayangi.com
Pesta demokrasi sudah lama berlangsung. Sejumlah KPUD juga sudah selesai menghitung suara di berbagai daerah. Dan hasilnya juga sudah bisa dilihat. Berapa kursi parlemen yang berhasil diraih oleh masing-masing partai.

Selain politikus, beberapa artis yang ikut andil dalam pemilihan anggota dewan pun juga dibuat was-was. Pasalnya tidak sedikit artis Ibukota yang mencalonkan diri sebagai anggota legislatif. Beberapa artis tersebut berhasil lolos duduk di kursi parlemen. Namun ada juga yang gagal maju ke senayan karena kurangnya suara yang didapat atau partainya tidak memenuhi ambang batas parlemen.

Siapa saja artis yang gagal dan melenggang masuk ke parlemen, berikut rangkumannya:

1. Dede Yusuf

Meskipun partai demokrat mengalami penurunan jumlah suara dibanding pemilu tahun 2009, namun pesona Dede Yusuf masih dipertimbangkan oleh masyarakat Jawa Barat II (Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat). Buktinya mantan aktor laga ini berhasil mendapatkan satu kursi dari 10 kursi yang diperebutkan.

Wagub Jawa Barat periode 2008-2013 itu bahkan mendapatkan suara tertinggi di seluruh Jabar dengan 142.608 suara. Sehingga membuat Dede Yusuf kembali berkantor di Senayan.

Dede Yusuf sebelumnya pernah menjadi anggota DPR periode 2004-2009 dari Partai Amanat Nasional. Namun sebelum masa baktinya habis, beliau mundur dari jabatannya dan memilih untuk menjadi wakil Gubernur Jawa Barat mendampingi Ahmad Heryawan pada periode 2008-2013.

2. Anang Hermansyah

Anang hermansyah mendapatkan banyak suara di Kabupaten Jember dan Lumajang. Tiga kecamatan di Jember menyumbangkan suara tertinggi yang membuat mantan suami Krisdayanti ini melenggang ke Senayan.

Anang lolos ke senayan sebagai Anggota DPR dari Partai Amanat Nasional. Dan mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat Jember. Tak lupa semua pihak dari partai tersebut mendukung sepenuhnya keberhasilan Anang.

3. Rachel Maryam

Artis yang memang sudah berkecimpung di dunia politik ini memang sudah sering duduk si kursi parlemen. Selain Dede Yusuf, Rachel Maryam juga merupakan Anggota DPR dari Partai Gerindra yang berhasil mencuri satu kursi. Rachel merupakan satu-satunya caleg Gerindra yang lolos ke Senayan.

4. Ridho Rhoma dan Vicky Rhoma

Mendompleng nama besar sang ayah tidak membuat kedua putra dari Raja Dangdut Rhoma Irama lolos masuk ke senayan. Meskipun Partai yang menaungi mereka, PKB, sedang mendapatkan banyak suara namun masing-masing dapil mereka tidak berhasil mengambil satu kursi.

Vicky berrtarung di dapil I (Kabupaten Pandeglag dan Kabupaten Lebak) sedangkan Ridho dari dapil Jawa Barat V (kabupaten Bogor).

5. Angel Lelga

Artis yang pernah menjadi istri siri Rhoma Irama ini juga gagal untuk duduk di kursi parlemen. Padahal dirinya sudah merubah penampilan menjadi berhijab sejak menjadi caleg PPP. Namun perubahan penampilannya tersebut msaih belum menarik simpati warga Jawa Tengah yang meliputi Kota Solo, Klaten, Boyolali, dan Sukoharjo.

6. Camel Petir

Penyanyi dangdut Camel Petir ini sudah dipastikan tidak lolos dalam pemilu kali ini. Karena partai yang menaunginya saat ini, PKPI, bahkan tak lolos parliamentary threshold3,5 persen melalui hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei.
(my)
Komentar