Seberapa Bermanfaat Menggunakan Microsoft Office di Smartphone?

Rabu, 23 April 2014 13:00
Seberapa Bermanfaat Menggunakan Microsoft Office di Smartphone?Ilustrasi @androidnova.org
Baru-baru ini kita mendapatkan berita bahwa Microsoft Office untuk iOS dan Android digratiskan. Akibatnya? Microsoft Office langsung merajai daftar unduh di iTunes meskipun di Android hanya masuk di tiga besar saja. Sebenarnya seberapa bermanfaatkah perangkat ini di layar kecil? Bisakah pengguna benar-benar bekerja dari smartphone mereka?



Berikut ini Infospesial akan membahas satu per satu apakah benar Office dapat dimanfaatkan dengan baik di perangkat seluler. Seperti kita tahu, aplikasi seluler pun menyediakan fitur untuk mengedit, membuat dokumen baru, dan membaca dokumen di jalan. Tiap orang dapat mengirim email dari smartphone mereka, namun seberapa mudahkah melakukan pengeditan dari smartphone ketika tengah terhambat kemacetan kendaraan umum?

Word

Word mungkin adalah tawaran yang paling nyaman dari aplikasi ini, terkait kelengkapan aplikasi ini bila dibandingkan dengan versi Excel dan PowerPointnya. Fitur yang ada mencakup membuat dokumen baru, melakukan pengeditan dokumen yang ada dan memasukkan komentar dan perubahan pada teks. Pengguna Word juga dapat memanfaatkan bold, italics, underline dan mengubah warna font dengan mudah.

Excel

Dokumen Excel bisa dibuka dengan lancar menggunakan aplikasi ini, namun beberapa fungsinya yang akrab dengan kita hilang. Mereka yang hafal rumus-rumus Excel akan lebih mudah memanfaatkan aplikasi ini karena rumus tidak secara otomatis muncul. Hanya AutoSum saja yang muncul secara otomatis. Meskipun demikian, bila kamu menginginkan fungsi perhitungan dasar, maka kamu bisa melakukannya dari smartphone.

Pengguna juga akan kesulitan membuat tabel dan mengubah warna di smartphone karena mengatur rentang di layar yang kecil akan sangat susah.

PowerPoint

Dibandingkan dengan Word dan Excel, PowerPoint adalah aplikasi yang paling terbatas kapabilitasnya. Pengguna bisa mengedit slide, tapi untuk menggerakkan, menyembunyikan atau mengubah teks akan sangat sulit dan memerlukan pembiasaan yang agak lama. Selain itu, aplikasi ini juga sulit membuat File Presentasi dari awal. Opsi background terbatas, dan kamu akan kesulitan mengatur penempatan teks.

Tinjauan perangkat

Dibanding pengguna perangkat Apple, pengguna Android lebih mudah menggunakan smartphone mereka karena beberapa perangkat high end seperti HTC One M8 memiliki input microUSB. Bahkan beberapa perangkat juga memiliki opsi untuk memanfaatkan keyboard Bluetooth.

Selain itu, pengguna iPhone yang rata-rata ukuran layarnya kecil akan lebih frustasi lagi bekerja dengan aplikasi Office ini. Di sinilah kelebihan phablet yang menjadi tren di kalangan pengguna Android.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa memang memungkinkan untuk bekerja dengan MS Office di jalan, asalkan kamu sabar dan telaten serta rajin berlatih untuk memanfaatkan seluruh kelebihan aplikasi tersebut. Saran satu lagi, bila kamu memang sering memerlukan ini, gunakanlah perangkat yang berlayar besar.

Download Microsoft Office Mobile di Google Play Store
(ec)
Komentar