Penyebab Mengapa Anda Sulit Hamil

Senin, 21 April 2014 12:00
Penyebab Mengapa Anda Sulit HamilIlustrasi @belajar-ilmu-kesehatan.blogspot.com
Hamil adalah saat-saat yang paling ditunggu oleh sebuah keluarga. Namun sulitnya seorang wanita untuk hamil bisa menjadi hal yang paling menakutkan. Banyak kondisi yang menyebabkan seorang wanita tersebut sulit untuk hamil, mulai dari kondisi tubuh sampai sperma suami. Melakukan seks rutin dan siklus menstruasi yang rutin juga tidak mempengaruhi cepat atau tidaknya wanita hamil. Untuk bisa hamil, sel telur harus berhasil dibuahi dan itu membutuhkan waktu dan kesabaran. Menurut riset, kehamilan seorang wanita didasari oleh hal-hal berikut:

Menstruasi yang tidak teratur
Menstruasi yang tidak teratur membuat anda tidak mengetahui kapan masa suburnya. Sebaiknya anda memeriksakan diri pada dokter. Karena jika menstrusi tidak teratur, pelepasan sel telur anda juga tidak teratur. Hal tersebut akan mempengaruhi masa subur anda.

Kondisi Kesehatan
Gangguan pada kelenjar tiroid, penyakit hughes, penyakit dimana saluran tuba falopi menjadi tertutup, adalah beberapa penyakit yang menyebabkan seorang wanita susah hamil. Sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter jika anda mengalami susah hamil, untuk mengetahui apakah penyakit tersebut terdapat pada diri anda.

Sel telur hilang
Maksudnya disini adalah sel telur yang berhasil dibuahi tidak dapat menempel pada dinding rahim, sehingga sel telur tersebut akan terbawa aliran darah pada menstruasi periode sebelumnya.

Faktor usia
Usia sangatlah berpengaruh pada proses kehamilan. Semakin tua usia anda, akan semakin kecil kemungkinan untuk hamil. Karena usia tua sudah mendekati usia menopause yang menyababkan sel telur susah untuk dibuahi.

Sperma
Faktor dari pihak suami yang mempengaruhi kehamilan adalah sperma. Jumlah dan kualitas sperma sangat mempengaruhi proses kehamilan. Karena sel telur tidak akan menjadi janin apabila tidak dibuahi oleh sperma. Maka dari itu, kualitas sperma sangatlah berpengaruhi. Kualitas sperma dari suami anda dapat dipengaruhi oleh beberapa penyakit kelamin, sering merokok, atau sering berendam di air panas.

Itulah beberapa penyakit yang dapat mempengaruhi kehamilan. Dari informasi tersebut, anda bisa mengira-ngira faktor mana yang terjadi pada diri anda. Sehingga anda bisa cepat mengkonsultasikan pada dokter.
(my)
Komentar