Microsoft Office untuk iPhone dan Android Akan Digratiskan

Kamis, 03 April 2014 15:15
Microsoft Office untuk iPhone dan Android Akan Digratiskan
Beberapa saat yang lalu kita menyaksikan bahwa Office untuk iPad akhirnya dihadirkan oleh Microsoft. Raksasa software ini menjadikan aplikasi tersebut tersedia untuk semua pengguna iPad sehingga mereka dapat melihat dokumen atau menampilkan presentasi secara gratis. Akan tetapi susah untuk membuat file baru atau melakukan penyuntingan yang signifikan dalam dokumen di iPad itu sendiri.

Untuk dapat melakukannya, kita harus memiliki langganan Office 365. Ini memang merupakan 'berkah sekaligus bencana' bagi mereka yang menginginkan untuk menggunakan aplikasi ini. Meskipun bisa memanfaatkan Office, namun fiturnya terbatas sehingga mau tak mau harus membeli langganannya. Memang bukan masalah untuk mereka yang bersedia membayar, namun bila membandingkan bahwa banyak sekali aplikasi gratisan dengan kemampuan yang kurang lebih serupa, maka ini jelas semacam 'pemerasan' dari Microsoft. Meskipun demikian, begitu besarnya peminat Office menjadikan langkah Microsoft ini dinilai tepat dari segi bisnis.

Secara sederhana, dengan adanya aplikasi ini, kita tidak memerlukan Office 365 untuk membuat, menyunting, ataupun menyimpan dokumen di smartphone. Namun bila ingin melakukannya, kita memerlukan akun Microsoft dan berlangganan. Maka saran yang bisa diberikan di sini, bila kamu memerlukan Office untuk mempersiapkan berbagai file untuk bisnis, maka kamu perlu untuk berlangganan. Namun bila tidak, maka menggunakan aplikasi asli dari Google maupun iOS pun rasanya sudah cukup.

Minat terhadap aplikasi ini cukup besar, karena ternyata sejak peluncurannya, hingga saat ini Office untuk iOS dan Android memuncaki daftar sepuluh besar aplikasi yang paling banyak diunduh untuk pasar AS. Sekilas kita dapat menyaksikan bagaimana pasar AS nampaknya berminat untuk memanfaatkan aplikasi yang satu ini untuk kepentingan bisnis mereka.
(ec)
Komentar