Keunggulan Cortana Dibandingkan Apple SIRI

Selasa, 18 Maret 2014 02:00
Keunggulan Cortana Dibandingkan Apple SIRI
Salah satu hal yang paling dinanti dari pengembangan Windows Phone 8.1 mungkin adalah Cortana. Kalau kamu belum tahu, Cortana adalah 'asisten suara' yang dapat memandu pengguna Windows Phone, sebagaimana halnya yang dilakukan SIRI pada perangkat iPhone. Cortana juga menyimbolkan perubahan yang penting dari prioritas Microsoft. Dari 'bocoran' catatan tentang Cortana, asisten pribadi ala Windows Phone ini akan dapat memenyusun katalog informasi pribadi kita sehingga benar-benar menjadi 'asisten digital' yang luar biasa.

Dalam mengulas keunggulan Cortana ini, blog teknologi khusus perangkat seluler, Pocketnow, melakukan wawancara dengan Adams Z. Lein untuk mendapatkan bocoran beberapa kelebihan Cortana yang rencananya akan hadir bersama Windows Phone 8.1.

1. Kemampuan ala Dragon Dictation dan Just Type

Kalau kamu mengikuti perkembangan smartphone sejak lama, maka kamu akan akrab dengan Just Type dan Dragon Dictation. Just Type merupakan komponen WebOS yang memungkinkan pengguna melompat ke berbagai tindakan yang berbeda hanya dengan mengetik.

Sedangkan Dragon Dictation memiliki kemampuan mengetikkan kata-kata yang diucapkan. Dari gambaran tersebut, secara sederhana Cortana dapat diperintahkan untuk membukan berbagai aplikasi yang ada di perangkat Windows Phone.

Misalnya: "Cortana, Update Facebook Status", "Cortana, Tweet". Tentu saja untuk sementara ini Cortana hanya menanggapi perintah dalam bahasa Inggris.

2. Kesadaran, integrasi, hubungan, dan mendengarkan

Terakhir kali Adam Lein memberikan saran bahwa untuk dapat mengatasi para pesaingnya, Cortana harus dapat mengenali bahasa ibu pengguna, mode untuk mendengarkan saja, avatar yang dapat dikustomisasi, kesadaran lokasi, dan dapat dikembangkan oleh pihak ketiga. Nampaknya hal itu telah dikabulkan Microsoft, di mana Cortana juga telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak ketiga untuk pengembangannya, sementara Apple masih maju mundur dalam menggandeng pihak ketiga untuk SIRI. Untuk fitur yang lain, meskipun Microsoft belum mengkonfirmasi terpenuhinya elemen-elemen tersebut, nampaknya hal ini telah disiapkan pula oleh Microsoft.

3. Memberikan hal baru

Cortana mampu memberikan hal baru dibanding pesaingnya. Salah satu bocoran kelebihan Cortana tersebut adalah:

- Inisiatif menanyakan kepada pengguna seperti "Apakah Anda ingin saya mengingat Kontak dengan Nama Panggilan demikian?"
- Cortana dapat melakukan sesuatu ketika kita tengah menelepon
- Ada banyak koleksi istilah terkait hubungan kita dengan keluarga. Misalnya Cortana bisa diminta menelepon ayah (meskipun dalam kontak tidak tertulis 'ayah')
- Kita bisa mencari email dan pesan tertentu hanya dengan berdasarkan nama kontak atau mendiktekan frase untuk mencari pesan yang benar.

Selain itu Cortana juga akan mempelajari pengguna terlebih dahulu sebelum 'mengakar' sebagai asisten. Ini tentu saja menjadikan Cortana sebagai asisten yang paling menyeluruh untuk pengguna Windows Phone. Jika saja memang benar performanya seperti yang dinyatakan di atas, maka Microsoft akan berhasil menumbangkan SIRI yang telah lebih dulu populer.
(sid)
Komentar