Samsung Meluncurkan Chromebook Seri 2 Berukuran 11,6 dan 13,3 inchi

Kamis, 06 Maret 2014 16:00
Samsung Meluncurkan Chromebook Seri 2 Berukuran 11,6 dan 13,3 inchiSamsung Chromebook @techcrunch.com
Samsung adalah salah satu mitra awal Google dalam proyek Chromebook dan saat ini meraih pangsa pasar lebih dari setengah keseluruhan penjualan Chromebook di Amerika Serikat (AS). Baru-baru ini, perusahaan ini mengumumkan dua model baru yang akan menggantikan Chromebook saat ini seharga USD 249 (sekitar Rp 2,8 juta).

Model 11,6 inchi dan 13,3 inchi ini adalah Chromebook Seri 2, keduanya akan menggunakan ARM Samsung dengan prosesor Exynos 5 Octa chip (menjalankan 1,9 GHz atau 2,1 GHz tergantung pada modelnya). Kesemuanya juga akan didukung dengan rancangan baru yang menggantikan plastik perak bersinar dari Chromebook lama menjadi kulit yang lebih lembut dan elegan, sama dengan desain Samsung Galaxy Note 3.

Rumor mengenai desain baru ini mulai mengemuka sekitar akhir pekan. Samsung menggambarkannya sebagai "tekstur yang tahan lama dan rancangan yang padat serta elegan".

Versi yang lebih besar akan menampilkan layar full HD LED, sementara yang lebih kecil berukuran 1366 x 769. Versi 13,3 inchi juga menampilkan sistem audio yang telah berkembang dengan speaker 2W serta mic pengurang bising. Untuk baterai, Samsung menjanjikan bahwa baterai ini akan bertahan sekitar 8,5 jam.

Model yang kecil akan tersedia dalam warna hitam dan putih, sementara versi 13,3 inchi akan hanya tersedia dalam warna abu-abu titan.

Samsung Chromebook
Samsung Chromebook warna putih @techcrunch.com

Di luar baterai tahan lama dan rancangan berlapis kulit yang dijanjikan, versi 11,6 inchi memiliki berat yang sama dengan Samsung Chromebook yang lama (2,4 pon).

Harga yang ditawarkan untuk unit yang lebih kecil adalah USD 319,99 (sekitar Rp 3,6 juta) sementara versi yang lebih besar akan dijual sekitar USD 400. keduanya akan mulai dijual bulan April mendatang.

Harga baru ini memang sedikit lebih tinggi bila dibandingkan dengan model yang lebih lama, yang hingga saat ini masih akan terus dijual. Padahal perusahaan ini berharap agar siswa sekolah mampu membeli dan memanfaatkannya.

Spesifikasi Samsung Chromebook
Spesifikasi Samsung Chromebook @techcrunch.com

Google Play juga memungkinkan kita untuk bertransaksi membeli Samsung Chromebook. Google tetap menerima pesanan versi lama bila dibutuhkan.
(ec)
Komentar