Microsoft Cortana Pesaing Apple SIRI

Selasa, 21 Januari 2014
Microsoft Cortana Pesaing Apple SIRICortana @pocketnow.com
Meskipun dianggap masih jauh dari sempurna, Apple SIRI dianggap sebagai pemandu suara terbaik untuk sebuah smartphone. Memang banyak kesalahan dan kekonyolan yang dilakukan SIRI. Namun karena tidak adanya pesaing kuat untuk mengalahkan fitur andalan Apple ini, SIRI hingga saat ini melenggang dengan yakin di pentas persaingan smartphone. Namun nampaknya kini Apple perlu waspada mengingat Microsoft tampaknya sudah mulai menyempurnakan fasilitas bantuan dengan dukungan suara miliknya, yang berkode: Cortana.

Rumor tentang bantuan virtual berbasis suara untuk Windows Phone ini mulai mengemuka musim panas lalu, di mana pemberitaan kencang menyebutkan bahwa Microsoft tengah mengerjakan sebuah sistem yang disebut sebagai 'Cortana'. Dari gambar yang beredar, nampaknya Cortana lebih dari sekedar imaji berkesan sedikit seram dari karakter AI pada Halo Games tersebut. Namun Microsoft memang tidak asal comot. Raksasa software ini bahkan telah membeli nama Cortana dan merekrut aktor suara Cortana untuk aplikasi yang tengah dikembangkan ini.

Cortana merupakan perkembangan dari database pengetahuan dari Satori milik Bing yang dapat menjawab pertanyaan dan melaksanakan tugas dalam saat yang sama sebagaimana dilakukan oleh SIRI dan Google Now. Beberapa screenshot mengungkapkan sejumlah opsi konfigurasi, memungkinkan layanan ini mengontrol banyak sistem telepon, mengirimkan peringatan serta mengantisipasi tindakan tertentu berdasarkan konteks penggunaan.



Dalam hal ini, Jen Taylor (yang sebenarnya sudah tidak lagi menyuarakan karakter tersebtu) akan kembali ke Halo untuk memerankan sistem panduan suara ini. Bukan karena suaranya yang disukai, Microsoft nampaknya juga memanfaatkan imej keren dari karakter tersebut untuk menarik perhatian remaja.

Lalu kapan panduan suara ini akan mulai digunakan secara komersial? Rumor menyatakan bahwa Cortana akan disertakan pada perangkat Lumia yang akan diluncurkan di bulan April ini, namun kabar tersebut belum begitu jelas. Selanjutnya Cortana dikabarkan akan disebarkan untuk iOS (sebagai penyerta aplikasi Bing milik Microsoft) serta digunakan untuk mengembangkan platform Microsoft lainnya (desktop dan gaming) untuk tahun depan.
(sid)
Komentar