Bayi Bernama 'Muhammad' di Chechnya Dapat Hadiah Rp 12 Juta

Kamis, 16 Januari 2014 04:30
Bayi Bernama 'Muhammad' di Chechnya Dapat Hadiah Rp 12 JutaIlustrasi @rferl.org
Memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad atau Maulid Nabi, bayi yang memiliki nama Muhammad (Mohammad) mendapat hadiah USD 1.000 atau sekitar Rp 12 dari pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov.

"Inisiatif pemberian hadiah itu dalam rangka memperingati kelahiran Nabi Muhammad pekan ini diumumkan," tulis situs media RIA Novosti, Rabu (15/1/14).

Melalui akun Instagram, Ramzan Kadyrov menyatakan jika penerima hadiah ini disponsori oleh ibunya, Aimani Kadyrova. Aimana juga merupakan sosok di balik ide unik ini.

"Hadiahnya tidak terbatas pada orang-orang yang membarikan nama bayinya 'Mohammad'. Mereka yang memberikan nama bayi dengan nama-nama istri, anak dan 10 sahabat nabi juga akan mendapatkan hadiah serupa," beber Kadyrov.

The Moscow Times mengutip pernyataan di situs pemerintah Chechnya (14/1/14) menyebutkan jika penerimah hadiah uang itu berjumlah 126 anak-anak. Terdiri dari 78 anak laki-laki dan 48 perempuan, rata-rata dari mereka menggunakan nama 'Mohammad 'dan 'Fatima'.

Total hadiah yang dikeluarkan oleh ibunda Kadyrov USD 126.000 atau sekitar Rp 1,5 miliar. Perekonomian Chechnya kini berada di bawah kontrol ketat Kadyrov, yang bergantung pada subsidi dari Moskow.

Sebelumnya, pemerintah Chechnya dituduh menyalahgunakan uang dalam proyek-proyek mahal seperti membangun masjid terbesar Rusia yang terletak di ibukota regional Grozny dan perayaan mewah yang melibatkan selebriti Hollywood seperti Vanessa May, Jean - Claude Van Damme dan Hilary Swank.

Selain di Chechnya, nama Muhammad juga menjadi nama paling populer untuk bayi laki-laki di Inggris. [BACA: Muhammad Jadi Nama Bayi Terpopuler di Inggris]
(ec)
Komentar