5 Tips Bebas dari Infeksi Jamur Vagina

Jum'at, 20 Desember 2013 12:00
5 Tips Bebas dari Infeksi Jamur VaginaIlustrasi @bubblews.com
Vagina memang organ intim yang paling mudah terserang masalah infeksi jamur. Dan tentu saja bila ini terjadi akan membahayakan kesehatan. Bila Anda mengalami infeksi jamur vagina, Mag for Women melansir beberapa tips untuk bebas dari jamur vagina. Yuk disimak.

Kering

Media pertumbuhan jamur paling utama adalah daerah yang lembab. Selalu pastikan vagina dalam keadaan kering agar jamur tak mudah menginfeksi dan bertambah parah. Segera ganti pakaian dalam Anda bila sudah terasa lembab ya!

Kebersihan

Malas menjaga kebersihan vagina akan semakin membuat jamur berkembang biak dengan mudah. Selalu lap bagian intim Anda setelah buang air dari arah depan ke belakang, rajin berganti pembalut, dan juga ganti pakaian dalam secara rutin.

Berhenti Bercinta


Selama penyembuhan, sebaiknya hentikan segala aktivitas seksual. Pasalnya, bercinta akan membuat kondisi infeksi kian parah bahkan dapat menular pada pasangan. Tapi bila terpaksa melakukannya, minta pasangan untuk mengenakan kondom.

Hindari Parfum

Jangan membersihkan vagina dengan sabun, karena sabun akan mengganggu keasaman di daerah vagina. Hindari pula penggunaan parfum atau lotion di daerah intim ya.

Pola makan

Infeksi jamur juga terpengaruh dari pola makan sehari-hari. Konsumsi makanan berlemak tinggi, gula, dan makanan bertepung akan meningkatkan resiko infeksi jamur di vagina. Pastikan tubuh mendapat nutrisi yang cukup dari makanan sehat.

Itulah tips menyembuhkan infeksi jamur vagina. Jika kondisi tak membaik, jangan ragu untuk segera menghubungi dokter.
(nik)
Komentar