10 Warga Negara Ini Jago Matematika

Kamis, 21 November 2013 08:00
10 Warga Negara Ini Jago MatematikaJepang negara paling jago Matematika @huffingtonpost.com
Dalam catatan OECD/Organisation for Economic Co-operation and Development (Organisasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan), masyarakat negara Jepang punya kemampuan tertinggi di ranah matematika dan membaca dibandingkan 23 negara anggota OECD lainnya. Terutama dari kalangan orang dewasa.

Catatan ini didasarkan pada survei yang dilakukan terhadap 166 ribu warga negara anggota OECD. Terutama, mereka yang berusia antara 16-65 tahun.

Di mana, didapatkan 4,9 persen orang dewasa di Jepang memperoleh skor rendah (skala 1-5) di bidang matematika sederhana dan membaca.

Menempati peringkat kedua dan ketiga berturut-turut setelah Jepang, ada negara Finlandia dan Belgia. "Dari survei itu secara umum bisa disimpulkan bahwa setiap lima penduduk Jepang dan Finlandia memperoleh skor tinggi dalam hal matematika dan membaca, yaitu di kisaran level 4," tulis OECD seperti yang dikutip dari Kompas.

Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa masyarakat Jepang, Finlandia, dan Belgia mampu melakukan pekerjaan dalam satu waktu (multitasking).

Di mana, kemampuan ini merupakan kecakapan menginstegrasikan informasi sekaligus menafsirkan atau menyintesiskan informasi yang didapat.

Dengan menjadi nomor satu dalam hal penguasaan matematika sederhanan bahasa, mencerminkan bahwa masyarakat Jepang punya keunggulan dibanding lainnya.

Sebab, dari survei itu hanya tercatat 8,1 persen orang Jepang yang kesulitan mengerjakan matematika. Sedangkan, secara berturut-turut yang paling buruk dalam matematika adalah Perancis (28 persen) dan Italia (30 persen).

Besar kemungkinan, hal ini disebabkan oleh tingkat pendidikan yang dikeyam rata-rata orang Jepang. OECD menyebutkan bila jumlah warga Jepang yang kurang berpendidikan sangat sedikit dengan mengkomparasikan warga Jepang yang makan bangku pendidikan tinggi.

Berikut ini daftar 10 negara warganya jago matematika sekaligus memiliki kemampuan literasi yang cukup baik. Semuanya member OECD.

1. Jepang
2. Finlandia
3. Belgia
4. Belanda
6. Swedia
7. Norwegia
8. Denmark
9. Slowakia
10. Ceko
11. Austria
12. Estonia
13. Jerman
(lpap)
Komentar