Manfaat Kulit, Daun, Biji dan Buah Rambutan

Senin, 18 November 2013 10:00
Manfaat Kulit, Daun, Biji dan Buah RambutanManfaat rambutan @photo-dictionary.com
Rambutan adalah tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku lerak-lerakan atau sapindaceae, berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara.

Kata "rambutan" berasal dari bentuk buahnya yang mempunyai kulit menyerupai rambut. Di Indonesia sendiri, buah rambutan sangat poper di semua kalangan masyarakat, karena rasanya yang sangat enak dan manis.

Yang perlu kita ketahui adalah selain buahnya, ternyata kulit rambutan, daun rambutan, biji rambutan mempunyai kegunaan yang sangat bermanfaat. Berikut ini adalah beberapa uraian seingkat tentang kegunaan rambutan tersebut.

Kulit rambutan rambatan yang biasanya kita buang ternyat mengandungh zat yang dinamakan flavonoid. Yaitu sejenis antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Selain kandungan tersebut, kulit rambutan juga dipercaya mampu mengobati penyakit kesehatan seperti demam dan juga disentri.

Daun rambutan juga bermanfaat untuk rambut. Manfaatkanlah daun rambutan untuk mempercantik rambut anda. caranya adalah dengan menumbuk beberapa daun rambutan sampai halus, kemudian daun tumbukkan tersebut disiram dengan air. Saring dan ambillah air perasan yang dihasilkan. Air perasan dari daun rambutan dipercaya akan membuat rambut indah dan cantik.

Biji rambutan. Wah, ternyata biji rambutanpun bisa jadi makanan yang bermanfaat. Biji buah ini mengandung karbohidrat, lemak dan juga protein. Bisa diolah dengan cara direbus seperti cara mengolah biji nangka. Selain itu, biji rambutan juga dipercaya mampu mengobati diabetes mellitus.

Demikian ulasan singkat tantang manfaat kulit daun biji dan buah rambutan, terutama pada biji, kulit, daun rambutan. Bila selama ini kita hanya mengenal rambutan sebagai bahan pangan asal buah yang bernutrisi, setidaknya kita jadi tau kalau pada buah rambutan tidak hanya buahnya saja yang berguna. Tetapi kulit rambutan, biji rambutan, dan juga daun rambutan juga mempunyai kegunaan. Jadi kalau kamu ingin mendapatkan manfaat seperti yang tertulis tersebut, jangan lupa untuk mengkonsumsi buah rambutan.
(sid)
Komentar