Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Sabtu, 16 November 2013 10:00
Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan TubuhManfaat beras merah @sehatplus.com
Seberapa sering kita mengonsumsi beras merah? Sebagian dari kita enggan mengkonsumsi beras merah karena nasi yang dihasilkan terasa pera sehingga dirasakan seret di tenggorokan. Selain itu beras merah juga lebih mahal secara ekonomis ketimbang beras biasa/beras putih.

Berbeda dengan beras putih biasa, beras merah memiliki kandungan nutrisi dan serat yang lebih tinggi, jenis beras ini memiliki lapisan kulit yang masih menyelimuti bijirinnya, lapisan kulit inilah yang disebut-sebut sebagai penyebab beras merah sangat kaya akan kandungan nutrisi.

Segelas nasi beras merah tumbuk mengandung 216,45 Kalori, 88% kecukupan harian (daily value – DV) mineral mangan, 27% DV selenium, 21% DV magnesium, 18,8% DV asam amino triptofan, 3,5 gram serat (beras putih mengandung kurang dari 1 gram), dan proteinnya 2-5% lebih tinggi dari beras putih. Selain itu juga mengandung asam lemak alfa-linolenat, zat besi, vitamin B kompleks, dan vitamin A.

Beras Merah memiliki bermacam kegunaan yang baik untuk kesehatan tubuh. Beras Merah juga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena mengonsumsi beras merah tidak dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Selain itu, kadar serat yang tinggi pada Beras Merah dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, sehingga sangat baik untuk mencegah terjadinya sembelit.

Berikut ini manfaat beras merah bagi kesehatan tubuh :

1. Mengontrol kadar gula darah

Beras merah dapat membantu mengatur kadar gula darah dan produksi insulin dalam tubuh, begitulah hasil dari sebuah studi yang pernah dilakukan. Menurut hasil sebuah penelitian, beras merah diketahui memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik merupakan angka yang menunjukkan potensi meningkatnya gula darah yang berasal dari karbohidrat.

2. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Beras merah juga bagus digunakan sebagai makanan pokok karena kandungan nutrisinya terbukti mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Dengan mengkonsumsi beras merah juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh penyebab diabetes dan penyakit jantung, dan membantu meningkatkan produksi kadar kolesterol baik.

3. Sebagai antioksidan alami penangkal radikal bebas

Beras merah banyak mengandung nutrisi yang berperan sebagai antioksidan alami, yang sangat penting bagi sistem imunitas untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Kandungan tersebut antara lain zat besi, mangan, dan zinc yang berperan juga dalam menghasilkan energi dalam tubuh. zinc, merupakan mineral yang membantu mempercepat penyembuhan luka dan menjaga sistem imun dalam tubuh agar berfungsi dengan baik.

4. Kaya akan serat

Beras merah kaya akan kandungan serat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Beras merah juga mengandung karbrohidrat kompleks, berbeda dengan beras putih yang hanya mengandung karbohidrat sederhana. Hal ini membuat Beras Merah menjadi salah satu sumber makanan alternatif untuk para pelaku diet.

5.  Mengandung vitamin B6

Dengan mengonsumsi Beras merah secara rutin dapat membantu memenuhi kebutuhan akan vitamin B6. Satu porsi beras merah dapat memnuhi hingga 23 persen kebutuhan vitamin B6, jumlah ini diperlukan untuk menjalankan fungsi organ dalam tubuh. Vitamin B6 merupakan nutrisi yang sangat diperlukan untuk menjaga keseimbangan pembentukan hormon serotonin, sel darah merah, dan membantu sel-sel DNA.

6. Membantu mempertahankan rasa kenyang lebih lama

Dengan mengonsumsi karbohidrat yang kompleks, seperti oatmeal, beras merah dan kentang, akan membuat anda lebih cepat kenyang sampai berjam-jam dan makan tidak lebih dari 320 kalori perhari. Sehingga sangat cocok dikonsumsi terutama bagi anda yang sedang menjalankan program diet yang lebih sehat, seperti hasil dari sebuah penelitian yang dilakukan di British Journal of Nutrition.
(sid)
Komentar