Belajar dari Google dan YouTube, Pria asal Semarang Nekat Bobol Mesin ATM

Rabu, 16 Oktober 2013 21:00
Belajar dari Google dan YouTube, Pria asal Semarang Nekat Bobol Mesin ATMBelajar dari YouTube, pria ini nekat bobol mesin atm @.adadibandung.com
Warga Jalan Pandana, Ngaliyan, Kota Semarang mengaku membobol mesin ATM dari Google dan YouTube. Putra Wicaksono yang terlilit utang Rp 10 juta, ahirnya mencari informasi di internet cara membobol mesin ATM.

"Belajar di internet, buka google sama youtube," ungkap pria 24 tahun di Mapolrestabes Semarang, Rabu (16/10), seperti yang dikutip dari Tribunnews.

Selain itu, Putra juga membawa beberapa perlengkapan seperti linggis kecil 30 cm, gerenda, slayer untuk menutupi wajah, kacamata hitam serta sepasang kaus kaki yang digunakan di tangan agar sidik jarinya tidak menempel di mesin ATM.

Putra memiliki target waktu selama 10 menit dalam setiap aksinya. Jika gagal membongkar, dirinya langsung meninggalkan lokasi. 
"Sebelumnya saya amati dulu, kalau sepi baru beraksi. Masuk ke ruangan langsung pilox (cat semprot) kamera CCTVnya atau potong kabelnya," tambahnya.

Karyawan perusahaan asuransi merupakan pelaku percobaan pembobolan mesin ATM di empat tempat berbeda di Kota Semarang. Dari empat lokasi tersebut, Putra gagal berhasil membuka brankas mesin ATM. Putra hanya berhasil membongkar pintu mesin ATM lalu kemudian meninggalkannya begitu saja.

Meskipun merusak kamera CCTV, pelaku berhasil terekam CCTV dari bangunan yang berbeda. Putra terakhir beraksi di mesin ATM Bank Bukopin, Jalan Abdulrahman Saleh, Rabu (16/10).

Jajaran Resmob Polrestabes Semarang dan Polsek Semarang berhasil menangkap Putra di rumahnya. "Begitu ada laporan, kami langsung lakukan penyelidikan dan dari hasil bukti rekaman CCTV, kami lakukan pengejaran terhadap pelaku," tutur Iptu Willy Budiyanto.

(ec)
Komentar