3 Makanan Khusus untuk Otak

Kamis, 10 Oktober 2013 17:30
3 Makanan Khusus untuk OtakTiram, salah satu makanan untuk otak @businessinsider.com
Otak mengatur dan mengatur sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak juga mengatur seluruh sistem syaraf kita, sehingga dengan menjaga kesehatan otak berarti ikut menjaga pula kesehatan tubuh secara keseluruhan. Untuk menjaga kesehatan otak, kita dapat mengonsumsi makanan yang dikonsumsi oleh otak. Berikut ini adalah makanan yang dikonsumsin oleh otak kita :

Tiram atau kerang

Tiram atau kerang adalah hewan laut yang sering kita jumpai di setiap warung-warung yang menyediakan lauk sea food. Selain enak dimakan, tiram juga mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh serta performa otak kita. Tiram mengandung banyak mineral, seng, serta zat besi yang sangat membantu otak kita agar tetap tajam dan meningkatkan kemampuan mengingat informasi dengan mudah. Kurangnya zat seng dan besi mengakibatkan lemahnya konsentrasi, penyimpangan memori, dan tentu saja berbagai penyakit di seluruh tubuh kita.

Namun perlu di perhatikan bagi pengidap penyakit asam urat atau gout dalam mengonsumsi kerang sebaiknya sangat dibatasi atau lebih baik lagi dihindari, karena kerang mengandung purin yang dapat meningkatkan asam urat.

Teh

Teh (Camellia sinensis) merupakan tanaman asli Asia Tenggara dan kini telah ditanam di lebih dari 30 negara. Dari 3.000 jenis yang ada, pada prinsipnya teh berasal dari satu jenis tanaman dengan hasil perkawinan silangnya. Teh merupakan salah satu minuman yang paling populer di dunia, dan posisinya berada pada urutan kedua setelah air. Pada dasarnya teh dioleh menjadi dua jenis yaitu teh hijau dan teh hitam. Teh hitam banyak disukai Amerika, Eropa, dan Indonesia, sedangkan untuk teh hijau banyak digemari di Jepang dan China.

Kandungan aktif di dalam teh antara lain : polyphenols (10-25%), methylxanthines, asam amino, peptida, komponen organik lain, tannic acids (9-20%), vitamin C (150-250 mg%), vitamin E (25-70 mg%), vitamin K (300-500 IU/g), ß-carotene (13-20%), kalium (1795 mg%), magnesium (192 mg%), mangan (300-600 ug/ml), fluor (0,1-4,2 mg/L), zinc (5,4 mg%), selenium (1,0-1,8 ppm%), copper (0,01 mg%), iron (33 mg%), calcium (7 mg%), caffein (45-50 mg%).

Teh juga mengandung catechin. Zat catechin merupakan zat yang sangat penting, di saat kita merasa lelah dan malas bergerak maka kurangnya zat catechin itulah yang menjadi penyebabnya. Catechin bermanfaat untuk menjaga pikiran agar tetap tajam, segar, dan berfungsi dengan baik. Selain itu zat ini juga memungkinkan otak lebih relaks dan membantu mengurangi kelelahan otak.

Buah berry

Buah menjadi sangat baik bagi tubuh karena kandungan yang terdapat di dalamnya bisa memberikan manfaat yang sangat beragam. Salah satu kandungan yang baik dan terdapat di dalam buah adalah serat. Serat memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Buah berry baik untuk meningkatkan kemampuan motorik serta kemampuan belajar anda secara keseluruhan. Kebanyakan berry termasuk blueberry, respberry, sangat baik untuk meningkatkan kesehatan otak kita.Jika anda ingin membalikkan efek penuaan pada otak, silakan konsumsi buah ini setiap hari. Berry juga mengandung fisetin dan flavenoid yang sangat baik untuk meningkatkan daya ingat dan memungkinkan kita mudah untuk mengingat peristiwa masa lalu.
(sid)
Komentar