Beberapa Latihan Mengecilkan Perut ini Ternyata Hanya Mitos

Kamis, 10 Oktober 2013 08:00
Beberapa Latihan Mengecilkan Perut ini Ternyata Hanya MitosLatihan crunch untuk mengecilkan perut @fitness1.blogfa.com
Memiliki perut langsing dan proporsional merupakan impian setiap orang, baik pria maupun wanita. Namun perempuan akan lebih sulit mendapatkannya, karena pada dasarnya jaringan lemak pada tubuh perempuan memang lebih banyak daripada yang ada di pria.

Sudah begitu, ada beberapa mitos mengenai latihan pengencangan perut yang bikin perut Anda malah tak kunjung langsing. Ini contohnya:

1. Mitos: Latihan crunch dengan lambat bikin otot lebih kuat

Fakta: Mengencangkan otot perut dengan latihan crunch (seperti pada gambar) lebih lambat tidak akan membuat perut Anda kuat. Kenyataannya, latihan pengencangan otot perut yang lambat akan kurang efektif.

Idealnya, latihan seharusnya membantu Anda melakukan segala sesuatu lebih baik, dari kickboxing hingga mengangkat koper. Semua aktivitas ini tak akan Anda lakukan dalam gerakan lambat kan?

2. Mitos: Anda harus melakukan latihan perut setiap hari

Fakta: Perut membutuhkan istirahat dan pemulihan. Nah, pada waktu istirahat lah otot-otot perut Anda dalam tahapan membangun.

"Latihan secara konsisten tiga sampai lima kali saja dalam seminggu akan menghasilkan perut yang kencang dan kuat," kata Kathy Kaehler, trainer dan penulis buku Kathy Kaehler's Celebrity Workouts.

3. Mitos: Latihan Pilates tidak akan membuat perut Anda six-packs

Fakta: Pilates melatih otot-otot pusat, sehingga jika Anda melatihnya secara teratur dan mengombinasikannya dengan diet dan latihan kardio, Anda bisa mendapatkan perut kencang yang Anda idamkan, demikian menurut Kimberly Lyons, personal trainer di Los Angeles.

4. Mitos: Anda harus dibantu alat-alat fitnes

Fakta: Anda tidak membutuhkan alat olahraga untuk membentuk perut yang ramping dan seksi, meskipun beberapa atlit membutuhkan hal itu untuk membentuk otot yang bagus.

5. Mitos: Latih otot perut di akhir latihan

Fakta: "Tidak ada perbedaan fisiologis ketika Anda melatih otot perut, yang penting Anda melakukannya secara konsisten," papar peneliti perut dan terapis fisik, Gilbert Willett, MS, yang juga associate professor di University of Nebraska Medical Center.

Jadi, kapan waktu terbatik untuk melatihnya? Jawabannya, kapan saja Anda ingin melakukannya. "Tapi jika melatih perut Anda saat memulai olahraga, pastikan Anda pemanasan terlebih dahulu. Membiarkan darah mengalir akan mencegah cidera selama latihan," ujarnya lagi.

6. Mitos: Anda harus melatihnya selama setengah jam

Fakta: "Anda salah kalau melakukannya begitu lama," ujar Kaehler. "Saya mengajarkan Jennifer Aniston untuk melakukan latihan tiga hari selama seminggu, dan kami tidak melakukannya lebih dari lima menit setiap latihan." Dengan demikian, Anda seharusnya fokus pada kualitas, bukan kuantitasnya.

"Kebanyakan alat olahraga pembentuk perut tidak dirancang untuk perempuan," kata Lyons. "Jika Anda tidak merasa nyaman menggunakan alat itu, Anda bisa membuat tubuh Anda tertekan dalam posisi yang salah." Lebih baik lakukan latihan di lantai saja. Sudah murah, efektif, dan bisa dilakukan dimana saja.
(fur)
Komentar