Wisata Eksotis Gua Bercahaya di Selandia Baru

Minggu, 22 September 2013 08:45
Wisata Eksotis Gua Bercahaya di Selandia BaruGua bercahaya di Selandia Baru @amazing-albums.blogspot.com
Selandia Baru memiliki salah satu objek wisata yang mengagumkan sebuah gua unik dengan fenomena alami yang indah. Gua ini rerletak di luar pusat kota Waitomo.

Dari dahulu kala, Masyarakat sekitar telah mengetahui tentang keberadaan gua tersebut. Namun tak seorang pun yang berminat untuk mengeksplorasinya.

Hal itu berubah sejak tahun 1887, ketika pemimpin daerah tersebut Tane Tinorau yang didampingi petualang dari Inggris, Fred Mace, mengeksplorasi hingga ke dalam gua.

Seperti di beritakan Amusing Planet, berbekal rakit dari batang kayu dan lilin, Tane dan Fred menyusuri sungai yang membawa mereka masuk jauh ke dalam gua.

Dan betapa takjubnya mereka, karena di jauh di kegelapan gua, terpancar cahaya yang mengagumkan dari dinding gua. Setelah di amati lebih lanjut, cahaya tersebut berasal dari cacing arachnocampa luminosa.

Arachnocampa luminosa berasal dari genus fungus gnat, memiliki kemampuan menakjubkan mengeluarkan cahaya biru kehijauan yang begitu indah.

Cacing ini hidup di dinding-dinding gua, sehingga seolah dinding gua bercahaya biru kehijauan. Cahaya tersebut berasal dari air liur cacing Arachnocampa luminosa untuk menarik mangsa seperti lalat dan nyamuk.

Sejak tahun 1889, gua bercahaya Waitomo, Selandia Baru telah dibuka untuk umum. Dengan perawatan dari pemerintah setempat, kini gua Waitomo menjadi objek wisata terkenal bagi pelancong mancanegara maupun lokal.

Gua waitomo yang eksotis, memberi pengalaman lebih dalam wisata penjelahan gua. Semakin masuk ke dalam gua, bukannya kegelapan yang menyambut seperti gua lain, melainkan pendar indah cahaya biru kehijauan dari arachnocampa luminosa yang bergantungan di dinding serta langit-langit gua.
(nik)
Komentar