Para Artis Seksi Ramai-ramai Jadi Anggota DPR

Sabtu, 21 September 2013 08:00
Para Artis Seksi Ramai-ramai Jadi Anggota DPRAngel Lelga - Venna Melinda @angellelga.wordpress/detik
Sejumlah artis yang pernah berpose sensual seperti Angel Lelga, Venna Mellinda, dan beberapa artis lainnya ikut meramaikan Pemilu 2014.

Beberapa selebriti juga melakukan perubahan penampilan yang cukup drastis. Sekarang Angel Lelga telah berjilbab, dan maju sebagai caleg dari PPP daerah pemilihan Solo, Jateng.

"Saya pilih daerah pemilihan Solo, karena saya sempat tinggal lama di sana. Saya sudah siap lahir batin. Betul ini dunia yang baru buat saya, tapi mudah-mudahan saya bisa mengikuti," tutur janda Rhoma Irama ini.

Sebagian besar masyarakat memandang sinis pencalonan para artis, yang dinilai cuma memanfaatkan popularitas demi mendapatkan kursi anggota DPR.

Namun, inilah wajah politik Indonesia. Azas demokrasi memungkinkan siapapun, yang memenuhi persyaratan KPU (Komisi Pemilihan Umum) dapat maju untuk berebut kursi. Entah itu artis, pengacara, politikus, hingga pengangguran bisa mencoba peruntungan dengan menjadi anggota DPR.

Para petinggi partai sengaja menawari para artis jadi caleg, demi menaikkan jumlah suara. Lyra Virna termasuk salah satunya. Mantan model pria dewasa ini sempat ditawari sebagai caleg (calon legislatif). Tawaran tersebut datang dari Ketum PPP (Partai Persatuan Pembangunan) Suryadharma Ali. Namun, Lyra menampik tawaran tersebut.

Untuk kedua artis itu, PPP telah menyediakan posisi khusus di Komisi Agama DPR. Alasan PPP, keduanya telah mendapat hidayah dari Tuhan. Perkara masa lalu keduanya, PPP tidak mempersoalkannya.

"Bila jadi, kemungkinan besar di Komisi VIII (bidang agama), IX (bidang kesehatan dan tenaga kerja), X (bidang olahraga)," ujar Tim Penjaringan Calon Legislatif PPP, Achmad Dimyati Natakusuma.

Walau demikian, perjalanan artis di kancah politik tak selalu berjalanan mulus. Dalam kampanye Pemilu 2014, para artis yang sudah digadang-gadang sebagai caleg mesti berebut kursi dengan para politikus lainnya. Jika dewi fortuna sedang baik, bisa jadi menang, jika tidak ya kalah dengan kerugian materi hingga ratusan juta rupiah.

Sebagai contoh adalah artis Roro Fitria. Dalam Pemilu 2009, dia maju sebagai caleg Partai Hanura untuk daerah pemilihan Yogyakarta dan sekitarnya. Sayangnya dia gagal. Sekarang dia kembali pada kariernya di industri hiburan dan kembali kerap berfoto syur [Baca : Modal Rp 1 Miliar, Artis Seksi Roro Fitria Gagal Jadi Caleg].

Ray Rangkuti, LIMA (Direktur Lingkar Madani Indonesia), menyatakan tak menjadi masalah soal para artis yang pernah berfoto sensual ikutan pencalegan.

Dalam kacamata Ray, masyarakat bakal lebih tertarik mencoblos artis yang pernah berfoto sensual daripada caleg yang pernah terjerat kasus korupsi. Dalam politik moral bangsa lebih diutamakan daripada norma sosial.

"Dalam politik bukan soal foto syur atau tidak. Dalam norma itu memang enggak patut, tapi dalam politik itu bisa saja. Karena politik adalah soal komitmen. Bagaimana mereka (caleg) dapat menyelesaikan persoalan bangsa ini, tidak melakukan tindak pidana korupsi," terang Ray, seperti dilansir Merdeka.

Ray justru mengkritik para anggota DPR yang mencitrakan diri sebagai tokoh religius. Namun, mendadak muncul di televisi karena ditangkap KPK terkait korupsi.

"Banyak orang yang beragama tapi pada kenyataannya korupsi. Jika mereka pernah berfoto sensual tapi orangnya rajin itu sah-sah saja. Tapi kalau memang foto itu membuat nilai negatif bagi dia ya bisa saja," pungkasnya.
(lpap)
Komentar