Baru Tiga Pekan Kompetisi Bergulir, Stuttgart Resmi Pecat Pelatihnya

Selasa, 27 Agustus 2013 16:41
Baru Tiga Pekan Kompetisi Bergulir, Stuttgart Resmi Pecat PelatihnyaBaru tiga pekan, Bruno Labbadia dipecat @zeit.de
Stuttgart akhirnya resmi memecat pelatihnya, Bruno Labbadia meski kompetisi Bundesliga musim 2013-2014 baru bergulir tiga pekan. Keputusan Stuttgart memecat Labbadia dari kursi kepelatihannya lantaran kecewa dengan kontribusinya yang dianggap kurang memenuhi harapan klub berjuluk Die Schwaben itu.

Labbadia sendiri sejatinya telah membesut Stuttgart sejak Desember 2010 silam. Ia juga telah memperpanjang kontraknya sebagai pelatih di klub yang bermarkas di Mercedes Benz Arena itu pada Januari lalu. Namun, kini dia harus rela keluar dari kedudukannya mengingat performa buruk yang ditampilkan Stuttgart pada gelaran Bundesliga awal musim ini.

Di bawah nahkodanya, Stuttgart lolos dari babak ketiga kualifikasi Europe League 2013-2014 setelah berhasil melewati hadangan klub Botev Plovdiv dengan unggul agregat gol. Akan tetapi, tiga kali kekalahan yang dihasilkan Stuttgart pada gelaran Bundesliga musim ini tidak mampu menyelamatkan karirnya sebagai pelatih di klub kuda hitam asal Jerman itu. Kekalahan terakhir yang ditelan yakni saat ditundukkan Augsburg dengan skor 1-2.

Seperti diketahui, Stuttgart membuka kompetisi Bundesliga musim ini dengan menelan pil pahit kekalahan setelah tunduk atas Mainz dengan skor 2-3. Pada pekan berikutnya, Die Schwaben lagi-lagi harus tertunduk tidak berdaya setelah digilas Bayer Leverkusen dengan skor 0-1. Nasib pemecatan Labbadia akhirnya semakin jelas setelah tak mampu membawa timnya meraih kemenangan, yakni saat menghadapi Rijeka pada leg pertama Europe League dan pekan ketiga Bundesliga kontra Augsburg. Serangkaian hasil minor yang dihasilkan Stuttgart di ajang Bundesliga, membuat mereka harus rela berada di posisi ke-17 klasemen sementara. Selain itu, Stuttgart akan kesulitan menembus ke babak selanjutnya pada ajang Europe League setelah ditaklukkan Rijeka di leg pertama. Tak pelak jika pihak klub akhirnya memecat Labbadia sebagai indikasi dari hasil minor yang diterima Stuttgart tersebut.

Musim 2012-2013 lalu, performa Stuttgart di bawah nahkoda Labbadia terbilang cukup baik, terlebih saat Serdar Tasci cs sukses menembus partai final ajang DFB Pokal kontra Bayern Munich, meski akhirnya gagal meraih juara setelah tunduk atas klub berjuluk Die Roten tersebut.
(fir)
Komentar