Cavani Bermain Penuh, Blanc Akui Terpaksa Melakukannya

Selasa, 20 Agustus 2013 10:10
Cavani Bermain Penuh, Blanc Akui Terpaksa MelakukannyaEdinson Cavani @thestar.com.my
Klub raksasa asal Perancis, Paris Saint-Germain (PSG) akhirnya harus puas bermain imbang 1-1 saat menjamu Ajaccio dalam laga lanjutan kompetisi Ligue 1 yang berlangsung di markas PSG, Parc des Princes, Senin (19/8) dini hari WIB. Pada laga itu, rekrutan anyar PSG yakni Edinson Cavani pantas disebut sebagai pahlawan lantaran berhasil menciptakan gol penyama kedudukan di menit-menit akhir pertandingan sekaligus menyelamatkan muka Les Parisiens dari kekalahan atas Ajaccio di hadapan publik sendiri.

Pada laga kontra Ajaccio tersebut, Cavani tampil sebagai starter untuk pertama kalinya. Meski memiliki banyak peluang emas, pemain berbanderol 63 juta euro yang direkrut dari Napoli tersebut hanya sukses melesakkan sebuah gol ke gawang Ajaccio, tepatnya pada menit ke-86. Kendati demikian, pelatih PSG yakni Laurent Blanc mengaku senang dengan performa yang ditampilkan bomber asal Uruguay itu.

Dari statistik pertandingan PSG kontra Ajaccio seperti dikutip Soccerway, Senin (19/8), klub yang berbasis di kota Paris itu sejatinya tampil mendominasi pertandingan. Ball possesion PSG mendominasi dengan 77%, sedangkan Ajaccio hanya mampu menguasai bola selama 23% waktu normal. Klub besutan Blanc tersebut juga mengemas total 39 tembakan, dimana 17 diantaranya mengarah ke gawang lawan. Namun mendominasi pertandingan bukanlah hal yang mutlak untuk meraih kemenangan. Penyelesaian akhir dari peluang-peluang yang didapat menjadi sebuah gol-lah yang menentukan efektifitas permainannya.

Pada laga tersebut, terlihat jelas duet Cavani dan Zlatan Ibrahimovic sangat buruk dalam hal penyelesaian akhir. Inilah yang menyebabkan PSG gagal meraih poin penuh di markas mereka sendiri. Laurent Blanc mengaku bahwa dirinya belum mendapatkan strategi yang pas untuk menduetkan striker-striker yang ada. Sebelum laga dimulai, Blanc bahkan berencana untuk tidak memainkan Cavani selama 90 menit waktu normal.

"Di awal, saya berencana untuk tidak memainkan Cavani selama 90 menit. Saya akhirnya mengambil resiko dengan menduetkan Zlatan dan Cavani sepanjang laga. Jika ini berjalan sukses, mereka bisa menciptakan banyak gol." ungkap Blanc, seperti dilansir Soccerway, Senin (19/8).
(fir)
Komentar