Bagaimana Menjadikan 'Kecelakaan yang Membahagiakan' Lebih Sering Terjadi

Senin, 19 Agustus 2013
Bagaimana Menjadikan 'Kecelakaan yang Membahagiakan' Lebih Sering TerjadiHappy
Pernahkah kamu mengalami suatu ketidaksengajaan yang menyenangkan? Misalnya kamu tiba-tiba bertemu teman lama yang sudah sukses, lalu tiba-tiba teman kamu itu menawari kamu sebuah proyek yang nilainya besar, atau dalam percintaan, teman kamu tersebut kemudian menjadi pasangan hidup kamu.

Orang Eropa dan AS menyebut hal tersebut sebagai 'Serendipity' atau kecelakaan yang membahagiakan. Asal katanya dari kisah "Tiga Pangeran dari Serendip" yang melakukan perjalanan penuh keberuntungan dan ketidaksengajaan yang berakhir bahagia. Ini merupakan sebuah situasi dimana secara tidak sengaja dan acak kamu mengalami sebuah peristiwa terkait pertemuan dengan orang lain yang kemudian berujung pada kebahagiaan.

Dari sudut pandang neurosains dan psikologis, Serendipity ini bisa diwujudkan terus menerus loh. Infospesial akan membahas trik agar kamu bisa sering mendapatkan peristiwa 'kecelakaan yang mendatangkan kebahagiaan'.

Lakukan dan hadirlah!
Seringkali kita ragu ketika harus pergi ke suatu tempat atau ragu untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya kita inginkan. Jangan tunda lagi! Lakukan hal tersebut dan pergilah ke tempat yang kamu inginkan. Peliharalah perasaan positif dan harapan kamu ketika datang atau melakukan sesuatu. Ini akan mendorong kamu untuk mendapatkan suatu pengalaman positif. Ingatlah bahwa hal yang akan paling kamu sesali bukanlah hal yang gagal kamu lakukan setelah mencoba, tapi hal yang tidak kamu lakukan.

Hindarilah ketidakberuntungan dengan beristirahat sejenak
Janganlah kamu melakukan sesuatu terus menerus tanpa pernah istirahat atau mengalihkan perhatianmu. Istirahat sejenak penting untuk menyegarkan pikiran sehingga kamu mendapatkan perspektif baru atas hal yang kamu lakukan. Terkadang beristirahat mendorong munculnya pemikiran baru yang mendukung kamu menyelesaikan pekerjaan tersebut. Dengan beristirahat sejenak, kamu bisa menghindari ketidakberuntungan karena terlalu memforsir diri sehingga mendapatkan tak lebih dari lelah dan rasa capek.

Buka mata untuk kesempatan baru
Dalam mengerjakan sesuatu, tetaplah awas akan segala kemungkinan. Perhatikan sekeliling kamu dan jangan lupa untuk menyambut setiap kesempatan yang mungkin akan melintas di hadapan kamu. Ini hanya bisa terjadi bila kamu selalu memelihara kesadaran diri dan kesiapan dalam menyambut peluang.

Perluas jaringan kamu
Semakin banyak kamu mengenal individu, makin banyak peluang yang bisa kamu dapat. Manfaatkan jejaring sosial dan forum seperti Facebook, Twitter, Blog, LinkedIn. Mungkin dampaknya tidak akan terasa dalam waktu singkat, akan tetapi dalam jangka panjang kamu akan bisa memetik manfaatnya.

Jangan terlalu kaku
Kadang kamu yakin pada sesuatu. Kadang kamu merasa bahwa ide kamu adalah yang terhebat sehingga menutup diri dari kemungkinan lain. Jangan lakukan itu! Tetap buka pikiran kamu sehingga makin banyak wawasan yang bisa merevisi ide dan pikiran-pikiran kamu untuk makin matang dan berhasilnya ide tersebut.

Bantulah orang lain
Sedekah dan pertolongan yang kamu berikan kepada orang lain adalah cara tercepat untuk menolong diri sendiri. Mungkin kamu tidak percaya, tapi sebenarnya semakin banyak kamu memberi kepada orang lain, maka semakin banyak hal yang akan kamu terima. Memberi tidak harus berupa harta. Bagikan pengetahuan kamu, kebijakan kamu, ilmu yang kamu miliki, maka akan makin banyak juga kamu menerima dari orang lain, bahkan dalam situasi tak terduga.

Dapatkan perkenalan yang baik
Ini lanjutan dari sikap yang suka membantu orang lain tersebut. Kamu akan memiliki reputasi, sehingga orang yang baru mengenal kamu akan memperoleh citra positif tentang kamu. Ini sangat bagus untuk mempercepat keberuntungan kamu sendiri.

Hidup ini susah diterka. Jalurnya berliku dan terkadang membawa kamu ke kelokan tak terduga. Dengan memanfaatkan tips di atas, kamu akan mendapatkan lebih banyak peluang dan kesempatan untuk meningkatkan keberuntungan dan hal positif yang bisa kamu peroleh.
(sid)
Komentar