Tingkatkan Kinerja Otak dan Memori dengan Bernyanyi

Rabu, 07 Agustus 2013 15:30
Tingkatkan Kinerja Otak dan Memori dengan BernyanyiBeryanyi bikin otak makin cerdas @mysinginglessons.co.uk
Banyak hal yang bisa membantu kita meningkatkan kinerja otak. Misalnya berolahraga, tidur teratur, dan juga melakukan latihan rutin untuk memori (brain gym). Tapi ada hal yang menyenangkan yang bisa membantu kita meningkatkan kinerja otak dan memori, yaitu: menyanyi.

Yup, kamu tidak salah baca. Menyanyi memang meningkatkan kinerja otak. Penelitian terhadap catatan blog 30 orang CEO perusahaan terkemuka menyatakan manfaat dari aktivitas ini. Yang pertama, menyanyi bisa membantu kamu memecahkan masalah lebih efektif, karena aktivitas menyanyi melatih otak kanan kamu, yaitu otak yang menangani permasalahan abstrak dan kreativitas.

Pernahkah kamu memperhatikan bahwa lebih mudah untuk menyenandungkan kata-kata ketika kamu menyanyikannya daripada mengucapkannya? Di Indonesia ada beberapa lagu yang memang ditujukan untuk pendidikan dan agar mudah menghafal. Contohnya: "Dua mata saya... hidung saya satu... dua telinga saya..." Apakah kamu pernah menyanyikan lagu semacam itu? Efektif sekali bukan untuk menjadikan anak-anak hafal akan anggota tubuhnya?

Teknik lain yang bisa kamu manfaatkan ketika bernyanyi adalah berlatih menghafalkan lirik lagu. Menghafalkan lirik lagu ini merupakan latihan ringan yang efektif untuk membantu meningkatkan kinerja otak kamu! Bila lagu berbahasa Indonesia terlalu mudah buat kamu, cobalah menghafal dan memahami makna lagu dalam bahasa Inggris, bahasa Jepang, atau mungkin Rusia. Ini akan menjadikan bagian otak kanan kamu yang menangani kreativitas semakin berkembang. Bila bagian ini sering kamu latih, maka ketika kamu menghadapi permasalahan tertentu dalam kehidupan sehari-hari, maka kamu akan lebih mudah dan cepat dalam memikirkan jalan keluar pemecahan masalahnya.

Orang Eropa zaman dulu memang menyadari bahwa musik merupakan alat pelatih ingatan yang luar biasa. Oleh karena itu pelatihan musik terhadap anak-anak di usia dini merupakan salah satu kewajiban di barat. Ini juga bisa kamu terapkan pada pendidikan anak atau adik kamu. Bahkan mungkin bila kamu sebelumnya tidak pernah belajar musik tapi punya minat, mulailah belajar! Belajar musik dan bernyanyi akan membantu kamu meningkatkan daya ingat dan kinerja otak! Terlebih lagi, kita melakukan latihan semacam ini dengan perasaan senang, pasti akan membantu untuk meringankan stres dan juga menyegarkan pikiran kita setelah seharian lelah bekerja.
(ec)
Komentar