Jamaah Naqsabandiyah Padang Rayakan Lebaran 6 Agustus

Rabu, 07 Agustus 2013 06:00
Jamaah Naqsabandiyah Padang Rayakan Lebaran 6 AgustusJamaah Naqsabandiyah @malang-online.com
Jamaah Naqsabandiyah di Mushalla Baitul Makmur, Kec. Pauh, Padang sudah merayakan hari kemenangan atau Hari Raya Idul Fitri 1434 H pada 6 Agustus 2013.

Dilansir dari Republika, sekretaris Mushalla Baitul Makmur, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Edizon mengatakan mereka memastikan Lebaran jatuh pada 6 Agustus karena puasa sudah dilaksanakan sejak 7 Juli 2013.

Edizon menjelaskan jika perhituangan awal puasa dilakukan dengan cara menghitung 360 hari dari 1 Ramadhan 2012. Jamaah Naqsabandiyah yang berjumlah sekitar 5.000 yang tersebar di Kota Padang, Kabupaten Solok, dan Solok Selatan ini selalu berpuasa selama 30 hari.

Dirinya menambahkan, jika metode yang digunakan ini adalah hisab munjid yang berasal dari Mekkah. Metode perhitungan tersebut dibuat ulama besar di zaman Rasulullah dan telah dilakukan secara turun-temurun.

Dengan keputusan ini, jamaah Naqsabandiyah sudah mengumandangkan takbir pada 5 Agustus usai sholat Isya di surau dan tidak menggelar takbir keliling.

Terdapat sekitar 70 masjid dan mushalla tempat peribadatan Tarekat Naqsabandiyah di Kecamatan Pauh, Lubuk Kilangan dan Lubuk Begalung dengan pusatnya terletak di Mushalla Baitul Makmur, Kelurahan Cupak Tangah, Kecamatan Pauh, Kota Padang.

Jamaah Naqsabandiyah memulai puasa lebih cepat dari keputusan Muhammadiyah (9 Juli 2013) dan Kementerian Agama (10 Juli 2013).
(ec)
Komentar