Samsung Mengumumkan TDD-LTE dan FDD-LTE Seamless Handover Technology, Apa Itu?

Senin, 05 Agustus 2013 10:00
Samsung Mengumumkan TDD-LTE dan FDD-LTE Seamless Handover Technology, Apa Itu?Samsung Galaxy S4 @fonearena.com
CEO Samsung, JK Shin baru saja mengumumkan dengan bangga teknologi baru Samsung yang akan disematkan pada Samsung Galaxy S4 dan Samsung Galaxy S4 Mini, yaitu TDD-LTE (Time-Division Duplex) dan FDD-LTE (Frequency Division Duplex) seamless handover technology – yang kalau diterjemahkan kurang lebih adalah teknologi pemindahan data secara mulus. Dari namanya, tampak bahwa teknologi ini mendukung transmisi data internet yang jauh lebih cepat. Ini tentu saja diilhami oleh jaringan LTE supercepat Korea yang merupakan koneksi internet tercepat di seluruh dunia.

Samsung akan meluncurkan versi TDD/FDD Dual Mode LTE dari Samsung Galaxy S4 dan Samsung Galaxy S4 mini, yang memungkinkan komunikasi suara dan data secara berkelanjutan dan mulus, bahkan meskipun perangkat yang digunakan untuk berhubungan memiliki jaringan LTE yang berbeda.

JK Shin, seperti dikutip Infospesial dari Blog resmi Samsung menyatakan, "Samsung terus berusaha mengakselerasikan penyeberan pasar LTE Global, menghadapi tantangan teknis lebih cepat dari siapa pun. Dengan pengumuman perangkat TDD/FDD LTE Seamless handover, Samsung sekali lagi mendemonstrasikan komitmen perusahaan untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih nyaman dan lebih baik."

Sementara ini mayoritas pasar LTE Global berbasis FDD-LTE, maka alternatif teknologi LTE milik Samsung diharapkan untuk meningkatkan pengadopsian di AS, China, Australia, Timur Tengah, Eropa Utara dan Timur, serta Asia Tenggara, serta mengambil alih posisi terkemuka pasar LTE Global. Teknologi Seamless handover antar jaringan FDD-LTE dan TDD-LTE merupakan fitur penting bagi pengguna akhir dan operator seluler, khususnya di pasar dimana kedua teknologi tersebut diterapkan.

Sebagai pelopor dalam teknologi LTE, Samsung menanamkan teknologi seamless handover ini dalam Galaxy S4 yang memungkinkan komunikasi data seluler lebih nyaman, ultra-cepat, dan menyediakan pengguna komunikasi data yang mulus dan lancar. Sebagai tambahan, ketika perangkat ini nantinya menghadapi koneksi antar perangkat yang menggunakan frekuensi FDD-LTE berbeda, maka opsi yang dikemukakan Samsung ini memungkinkan pengguna menikmati komunikasi data multimedia yang mudah dan lancar dimanapun berada. Sedangkan untuk operator seluler, menggunakan frekuensi TDD-LTE dan FDD-LTE memungkinkan mereka mengelola lintas data dengan efektif dan mempertahankan kualitas layanan.

Tapi untuk Indonesia, nampaknya kita harus menunggu lebih dahulu janji dari Menteri Informasi kita yang menyatakan bahwa tahun 2014 Indonesia akan bisa menikmati layanan LTE atau 4G. Meskipun kemungkinannya tidak begitu bagus, kita nantikan saja!

(ec)
Komentar