Rihanna Gugat Topshop Karena Jualan Kaos dengan Gambar Dirinya

Sabtu, 27 Juli 2013 13:20
Rihanna Gugat Topshop Karena Jualan Kaos dengan Gambar DirinyaRihanna gugat Topshop @upi.com
Ternyata jualan kaos saja bisa memicu tuntutan hukum. Ini tampak dari kasus tuntutan Rihanna pada sebuah toko busana di Inggris hanya gara-gara kaos tersebut bergambar Rihanna.

Diduga menggunakan mendompleng nama tenarnya. Rihanna, yang mempunyai nama asli Robyn Rihanna Fenty lahir di Saint Michael, Barbados, menggugat raksasa ritel di Inggris, Topshop sebesar 5 juta dolar. Sekedar info, Topshop adalah toko ritel busana kenamaan asal Inggris, yang baru baru ini membuka gerai pertamanya di Hong Kong, tepatnya retailer itu resmi buka pada Kamis (6/6) siang di atas lahan seluas 1300 meter persegi, di distrik bisnis pusat kota.

Rihanna, pelantun lagu Diamonds, dilaporkan marah setelah High Street Mode menjual t-shirt perempuan yang dicetak dengan gambar dirinya dalam outfit dari ikon videonya We Found Love tersebut. Rihanna adalah artis dengan segudang prestasi, diantaranya telah menerima beberapa penghargaan, termasuk World Music Awards 2007 untuk Best-Selling Pop Female Artist dan Female Entertainer of the Year, dan Brit Awards 2011 untuk Best International Female Solo Artist (Penyanyi Solo Wanita Internasional terbaik). Ia juga menerima total empat penghargaan Grammy Awards, empat American Music Awards, dan delapan belas Billboard Music Awards.


Dengan kejadian tersebut, tampaknya Rihanna tidak berdiam diri, dia menggambil tindakan hukum setelah delapan bulan negosiasi dengan perusahaan tersebut tanpa membuahkan hasil. Rihanna menggugat Topshop, yang dimiliki oleh miliarder Sir Philip Green, atas citranya yang sedang dijual tanpa persetujuannya.

Seorang sumber mengatakan kepada surat kabar New York Post: "Manajemen Rihanna meminta Topshop beberapa kali untuk menghentikan penjualan citra dirinya."

Dan mengatakan,"Kami melakukan apa yang kami inginkan. Meskipun hukum Inggris tidak melindungi artis, ia telah memutuskan untuk bergerak maju dan menuntut Topshop. Dia telah menghabiskan hampir 1 juta dollar untuk tuntutan Pengadilan pada saat ini.

"Dia bilang itu hal yang prinsip, dan ingin membuat pernyataan tentang hal itu. Mereka mengambil keuntungan dari seniman. Ini eksploitasi! Apa yang mereka lakukan adalah salah."

Rihanna diduga menyerahkan rincian kontraknya saat ini dengan Armani dan River Island untuk mendesain koleksinya. River Island saat ini menjual beberapa item baik yang dirancang dan disahkan oleh bintang tersebut dan dicetak dengan citranya.

Tentu saja ini berbeda dengan aturan di Indonesia dimana banyak orang dengan bebas menjual kaos sablon bergambar Iwan Fals atau Mbah Surip. Atau mungkinkah waktunya Bang Iwan mengajukan tuntutan hukum atas penggunaan citra diri juga?
(ec)
Komentar