Amerika Serikat Cabut Larangan Pernikahan Sejenis

Senin, 01 Juli 2013 09:20
Amerika Serikat Cabut Larangan Pernikahan SejenisIlustrasi pernikahan sejenis @outtakeonline.com
Larangan pernikahan sejenis di Amerika Serikat dicabut. Mahkamah Agung telah mengeluarkan perintah pencabutan larangan pernikahan sejenis pada Rabu (26/6) lalu.

BBC melaporkan jika Mahkamah Agung AS mencabut sebuah larangan pernikahan sesama jenis yang disebut Proposition 8 atau Prop 8. Larangan pernikahan sejenis ini pertama kali disahkan pada November 2008 oleh kelompok penentang pernikahan pasangan sejenis.

Hal ini membuat pernikahan sejenis dapat dilakukan di 13 distrik di Amerika dan distrik Columbia. Namun, pengadilan masih menunggu 25 hari sebelum mencabut larangan tersebut, kelompok penentang hubungan sejenis masih bisa melakukan banding.

Namun, pada hari Jumat(28/6) kemarin, hakim bertindak cepat dan pencabutan larangan itu akan segera dilakukan. Maka, pada Jumat kemarin, pernikahan sejenis untuk pertama kali digelar sejak 2008. Pasangan Cindy Stier dan Kristin Perry akhirnya menikah di Balai Kota San Fransisco.

Pernikahan mereka dipimpin oleh Jaksa Agung kota California, Kamala Harris. Harris mengumumkan bahwa pernikahan mereka sah di mata hukum.

"Mereka telah menunggu dan berjuang untuk momen pada hari ini. Kini penantiaan mereka telah usai," ujar Harris.

Pasangan sejenis lainnya yang menikah adalah Paul Katami dan Jeff Zarrillo yang menikah di kota Los Angeles. Pendukung Prop 8 atau kelompok penentang pernikahan sejenis menuduh lawan mereka berhasil menang dengan cara tidak terpuji.

"Aturan ini benar-benar memalukan bagi kota California," ungkap penasihat umum untuk koalisi kelompok konservatif agama yang mensponsori aturan Prop 8, Andy Pugno.

Baca juga : Mark Zuckerberg dan 700 Karyawan Facebook Gabung Parade Gay San Fransisco

Presiden Barack Obama mengaku lega dengan keputusan ini. Menurutnya hal ini adalah kemenangan bagi demokrasi Amerika, saat bicara kepada pers di Dakar Senegal.

Obama juga meminta kaum LGBT (Lesbian Gay Biseks Transgender) harus diperlakukan setara dengan penduduk heteroseks di bawah UU di Afrika. Namun, Presiden Senegal menegaskan negaranya tidak akan melegalkan homoseks.

Seperti diketahui, Partai Demokrat dan Obama merupakan pendukung pernikahan sejenis. Sedangkan, Partai Republik menentang pernikahan sejenis dan menganggapnya tidak sesuai dengan ajaran agama.

(ec)
Komentar