700 Anak Ikuti Seleksi Timnas U-12 Untuk Tampil di Jepang

Selasa, 06 Maret 2012
700 Anak Ikuti Seleksi Timnas U-12 Untuk Tampil di Jepang

700 pemain junior dari sekolah sepak bola (SSB) se-Indonesia mengikuti ajang seleksi Tim Nasional U-12 yang nantinya bakal tampil di Jepang pada Mei-Juni mendatang.

PSSI menggandeng Universitas Negeri Jakarta (UNJ) untuk membentuk Tim Penyeleksi. Yang beranggotakan sepuluh orang, yakni Ketua Tim Penyeleksi yang juga merupakan Pelatih Tim Nasional (Timnas) U-12, Indra Syafrie,  koordinator Hadi Rahmadani dan delapan pelatih, dikutip dari Humas PSSI, Senin.

Selain dari SSB, juga ada yang datang secara individual yang berlangsung di Jakarta, pekan ini. Selain itu lima pemain asal Papua turut mencoba peruntungan untuk menjadi skuat Timnas U-12.

Pemain timnas yang juga berasal dari Papua Johanes Auri, yang saat ini menjabat sebagai anggota Komite Etika PSSI ini bekerja sama dengan sejumlah pihak di Papua untuk mendukung keberangkatan kelima pemain berbakat tersebut.

"Mereka adalah pemain-pemain bagus. Mudah-mudahan mereka bisa terpilih menjadi pemain Timnas U-12. Kalaupun mereka tidak terpilih, setidaknya mereka sudah memiliki pengalaman pernah menjalani seleksi timnas," kata Johannes kepada wartawan.

Menurut Johannes, persoalan kekurangan dana sudah menjadi masalah klasik di tubuh klub dan SSB yang ada di seluruh Indonesia.

Untuk itu, kata Johannes, PSSI seharusnya bersikap proaktif dengan cara melakukan survei atau kunjungan langsung ke klub dan SSB tersebut.

Terkait dengan kualitas para peserta seleksi Timnas U-12, Johannes menilai sebagian dari ratusan peserta itu memiliki kualitas yang menjanjikan pada masa depan.

Dia berharap para pelatih di klub dan SSB tempat para pemain berbakat itu berlatih bisa menjaga dan mengasah talenta-talenta emas itu.

Manajer Timnas U-12, H.M. Zuchli Imran Putra mengatakan sengaja menggelar proses seleksi secara terbuka untuk memberi kesempatan kepada ribuan pemain berbakat di seluruh Indonesia yang selama ini tidak terlihat.

Agenda terdekat yang akan diikuti Timnas U-12, yakni pada bulan Juni mendatang adalah belajar dan bertanding selama beberapa hari ke Osaka, Jepang. Untuk itu melalui proses seleksi ini pihaknya ingin menjaring 25 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan.

Dan, diseleksi lagi menjadi 18 yang merupakan tim inti Timnas U-12 Indonesia yang akan diberangkatkan ke Osaka, Jepang, katanya.

Komentar