Ban Ki-Moon Luncurkan Akun WeChat PBB 'lianheguo'

Selasa, 18 Juni 2013 17:45
Ban Ki-Moon Luncurkan Akun WeChat PBB 'lianheguo'PBB daftar aplikasi WeChat @blog.un.org
Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-Moon, meluncurkan akun resmi WeChat PBB di New York melalui pesan broadcast video, Jumat pekan lalu.

"Saya berharap akun WeChat milik PBB ini akan memberikan banyak informasi bagi masyarakat China mengenai apa yang telah dilakukan oleh PBB," ujar Ban dalam video tersebut, seperti yang dilansir dari Tempo.

Peluncuran akun ini dilakukan beberapa hari sebelum kunjungan Ban ke China, pada 18-21 Juni 2013. Akun WeChat PBB akan dioperasikan oleh Departemen Informasi Publik PBB di New York dan akan membagi informasi mengenai organisasi tersebut bagi setiap pengguna aplikasi itu. Pengguna WeChat bisa mem-follow akun PBB dengan mencarinya melalui ID lianheguo atau memindai QR code.

Sejak diluncurkan, para pengguna WeChat mengikuti sesi tanya jawab dengan memasukkan pertanyaan melalui akun PBB tersebut. Pertanyaan akan diteruskan kepada Ban dan jawabannya akan dipublikasikan saat kunjungannya ke China.

Aplikasi WeChat sendiri sudah mejadi aplikasi messenger populer yang dikembangkan perusahaan IT Tencent asal China.

Menurut data perusahaan, hingga Januari 2013, sudah ada lebih dari 300 juta orang terdaftar sebagai pengguna WeChat. Perusahaan meluncurkan aplikasi tersebut pada 2011.

Sedangkan, akun resmi PBB di Weibo sudah mendapat empat juta follower. Weibo sendiri adalah jejaring sosial asal China yang mirip Twitter.

Laporan menyebutkan, akun Weibo resmi PBB juga sudah menyedot empat juta follower. Weibo adalah media sosial asal Chinayang berformat microblogging seperti Twitter.

Pusat informasi data internet di China menyebutkan, populasi pengguna data online di negara itu berjumlah 564 juta pengguna hingga akhir 2012. Dan pengguna mobile internet mencapai 420 juta.

(ec)
Komentar