Es Batu Restoran Lebih Jorok dari Air Toilet

Rabu, 12 Juni 2013 16:30
Es Batu Restoran Lebih Jorok dari Air ToiletEs batu lebih jorok dari air toilet
Beberapa waktu lalu beredar kabar jika salah satu kedai Starbucks di China menggunakan air toilet untuk menyeduh kopi. Namun, ternyata air toilet di beberapa restoran lebih baik daripada es batu yang dalam minuman yang mereka sajikan. Benarkah?

Berita sebelumnya : Starbucks Hong Kong Bikin Kopi Pakai Air Toilet

Dilansir dari The Mail on Sunday, yang melakukan investigasi terhadap kualitas es batu dan air toilet dari 10 restoran di Basingstoke, Hampshire, Inggris. Beberapa restoran yang diinvestigasi adalah Burger King, McDonald's, KFC, Starbucks, Pizza Hut, Nando's, Cafe Rouge, Pizza Express, Gourmet Burger Kitchen, dan Wagamama.

Para pegawai restoran diminta memberikan sampel es batu yang dimasukkan ke dalam kantung steril. Mereka juga diminta untuk memberikan sampel air toilet. Sampel-sampel ini dibawa dalam mesin pendingin untuk diteliti Microtech Service Wessex di Bournemouth, Inggris.

Sampel ini diuji kandungan patogen dan total bakterinya pada 22C dan 37C. Jumlah bakteri yang lebih banyak pada 22C menunjukkan masalah kebersihan akibat organisme di lingkungan. Seperti kebersihan mesin es yang kurang terjaga. Jumlah organisme maksimal 1.000 per ml.

Sementara itu, jumlah bakteri yang lebih tinggi pada 37C sering dikaitkan dengan kontaminasi oleh kontak manusia atau hewan, seperti adanya daging di dapur. Direkomendasikan tak lebih dari 100 organisme per ml cairan.

Es batu yang berasal dari enam restoran mengandung lebih banyak bakteri di banding air toilet. Kandungan bakteri ini melebihi batas pada 22C terdapat pada es batu di Nando’s (2.100), McDonald's (1.400), dan KFC (1.100). Sedangkan pada 37C, hanya Burger King yang melewati batas, dengan hasil 260 organisme.

Es batu di keempat restoran ini tergolong memiliki kebersihan yang buruk, terutama Nando's dan Burger King yang melebihi dua kali lipat batas yang diperbolehkan.

Es batu Starbucks dan Cafe Rouge memang memiliki lebih banyak bakteri daripada air toilet-nya, namun masih dalam taraf yang diperbolehkan laboratorium. Sementara itu, jumlah organisme dalam es batu Pizza Express, Pizza Hut, Gourmet Burger Kitchen, dan Wagamama tergolong sedikit dan lebih rendah daripada bakteri di toiletnya.

Menurut ahli, buruknya kebersihan pada es batu Nando's, McDonald's, dan KFC bisa jadi karena mesin es dan sekopnya lebih jarang dibersihkan dibanding toiletnya. Sedangkan, kasus Burger King mungkin disebabkan oleh staf restoran yang lupa mencuci tangan sebelum menangani es.

"Mudah saja melupakan bahwa es bisa membawa bakteri karena dianggap terlalu dingin bagi kuman, namun nyatanya tidak begitu. E.Coli dapat bersembunyi di mesin es," ungkap Dr. Melody Greenwood, mantan direktur laboratorium Health Protection Agency.

Mau minum es? Sepertinya lebih aman dan sehat bikin sendiri di rumah.

(ec)
Komentar