iPhone 5 Lebih Kuat Daripada Samsung Galaxy S4

Kamis, 02 Mei 2013 09:45
iPhone 5 Lebih Kuat Daripada Samsung Galaxy S4iPhone 5 vs Galaxy S4, mana yang lebih tangguh @androidauthority.com
Samsung Galaxy S4 diklaim lebih canggih dan melebihi kekuatan Apple iPhone 5. Namun, mana yang lebih tahan banting?

Meski performa lebih baik dari iPhone 5, Samsung Galaxy S4 ternyata tidak sekuat iPhone 5.

Berdasarkan sebuah tes jatuh (drop test) yang dilakukan oleh TechSmartt, iPhone 5 lebih tangguh dibandingkan Samsung Galaxy S4.

Pengujian ini dilakukan dengan ketinggian yang berbeda. Tes ini juga dilengkapi dengan tiga buah kamera sekaligus, yaitu kamera yang diarahkan ke si penguji, sebuah kamera GoPro yang ditaruh di aspal, dan kamera masing-masing perangkat. Smartphone yang diuji juga adalah smartphone yang masih baru.



Pertama, kedua smartphone ini dijatuhkan dengan ketinggian sekitar saku celana orang dewasa. Hal ini untuk menguji, bagaimana jika perangkat jatuh saat dikeluarkan dari saku celana.

Hasilnya, kedua smartphone ini masih baik dan tidak alami kerusakan, serta mampu bekerja dengan baik. Tidak ada goresan yang terlalu berarti di body Galaxy S4. Sedangkan, cat casing iPhone 5 sedikit terkelupas.

Kedua, dilakukan dari ketinggian sekitar dada. Menguji bagaiman gadget ini jatuh saat pemakai sedang mengetik SMS atau lainnya. Pengujian ini juga tidak mengakibatkan kerusakan yang berarti bagi kedua perangkat.

Ketiga, ketika kedua smartphone ini dijatuhkan dari ketinggian sekitar 7 kaki atau sekitar 2 meter, bagian bawah layar Samsung Galaxy S4 mengalami keretakan yang cukup parah. Sedangkan, iPhone 5, hanya terjadi sedikit "luka" di bagian casing. Layar perangkat tersebut tetap mulus. Meski begitu, kedua perangkat ini masih bekerja dengan baik.

Keempat, dengan menjatuhkan dari ketinggian 10 kaki atau setinggi lantai 1 sebuah bangunan. Samsung Galaxy S4 retak di bagian atas layar. Parahnya, Galaxy S4 tidak dapat beroperasi atau mati.

Sedangkan, iPhone 5 tetap bertahan, dan hanya mengalami retak pada bagian bawah layar dan bagian belakang perangkat. Penguji juga kembali melempar iPhone 5 dari posisi sama, dan hasilnya iPhone 5 tetap tangguh.

Terakhir, penguji menggilas iPhone 5 dengan menggunakan sebuah mobil sedan. Hasilnya, layar iPhone 5 tetap mulus dan masih mampu bekerja dengan baik.
(ec)
Komentar