Perancis Gratiskan Kontrasepsi dan Aborsi

Sabtu, 06 April 2013 18:45
Perancis Gratiskan Kontrasepsi dan AborsiPerancis gratiskan aborsi @policymic.com
Pemerintah Perancis membuat keputusan yang menghebohkan. Mulai 1 April, pemerintah Prancis siap menanggung biaya aborsi warganya, hal ini membuat warga yang ingin melakukan aborsi tidak dipungut biaya.

Peraturan ini berlaku bagi gadis berusia di bawah 18 tahun saja, sedangkan wanita yang lebih tua akan mendapatkan bantuan dana 70-80%. Pemerintahan juga menggratiskan kontrasepsi untuk wanita berusia 15-18 tahun, yang sebelumnya harus membayar 35%.

Dilansir dari France24, peraturan ini diperkenalkan oleh François Hollande pada awal tahun 2012 sebagai bentuk untuk meningkatkan hak reproduksi wanita.

Dilansir dari Global Post, terdapat 220.000 aborsi yang terjadi di Prancis setiap tahunnya. Kebanyakan terjadi pada wanita berusia 20 - 24 tahun. Namun, masih belum bisa dipastikan apakah tindakan aborsi ini dilakukan oleh wanita yang sudah berumah tangga atau tidak.

Baca juga : Prostitusi Akan Menjadi Legal di Paris

Menteri Kesehatan, Marisol Touraine, menjelaskan bahwa peraturan ini adalah "pilihan kesehatan masyarakat" dan dirinya mengingatkan bahwa aborsi adalah bukan hal sepele bagi perempuan.

Aktivis perencanaan keluarga mendukung perubahan undang-undang. Namun, banyak pihak yang mengkritik kebijakan ini dan berpendapat bahwa lebih baik pemerintah meningkatkan dana untuk kontrasepsi dibandingkan aborsi.

Apa pendapat kalian mengenai keputusan pemerintah Perancis?

(ec)
Komentar