Dual Boot Windows 8 dan Windows 7

Ingin mencoba Microsoft Windows 8, tanpa kehilangan Windows 7 ? Baca panduan instalasi Windows 8 di dual-boot mode

Selasa, 13 November 2012 12:00
Dual Boot Windows 8 dan Windows 7Windows 7 Windows 8

Windows 8 sangat baru dan berbeda, banyak pengguna tidak yakin apakah mereka benar-benar ingin meninggalkan Windows 7 dan beralih menggunakan Windows 8 yang tampak fresh.

Namun, kalian bisa memiliki keduanya sekaligus, bagaimana caranya menjaga Windows 7 dan memiliki Windows 8 pada mesin yang sama, sehingga memberikan Anda waktu dan pengalaman untuk membuat suatu pilihan antara keduanya.

Mungkin kalian sudah bisa menggunakan dual-boot pada versi Windows sebelumnya, tapi sekarang dengan Windows 8 lebih mudah dari sebelumnya.

Hot News : Windows 8 Pro dijual hanya $39.99, promo berlaku sampai 31 Januari 2013.

Berikut tutorial dual boot Windows 8 dan Windows 7 : 

1. Persiapan 

Pastikan PC kalian sudah memenuhi syarat minimum requirement Windows 8. Download atau beli file ISO Windows 8, kalian bisa mendapatkannya di situs resmi Microsoft http://windows.microsoft.com/en-US/windows/download-shop , kalian bisa memasukkan file ISO ke DVD atau Flashdisk.

2. Siapkan partisi

Persiapkan partisi harddisk, karena di PC anda partisi sudah ada, maka kita harus mengatur ulang. Silahkan masuk ke Disk Management, Start Menu > Computer (Klik Kanan) > Manage > Storage > Disk Management.

3. Shrink volume



Klik kanan pada partisi yang anda rasa memiliki kapasitas yang besar dan memiliki ruang kosong yang masih banyak, kemudian klik Shrink Volume. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kapasitas dari partisi yang ada yang kemudian dialokasikan ke partisi baru tempat menginstall Windows 8.

4. Beri kapasitas untuk Windows 8



Masukkan angka untuk mengurangi kapasitas partisi, yang kemudian akan dialokasikan ke partisi baru. Perlu diingat, Partisi untuk menginstall Windows 8 minimal 20GB.

5. Partisi baru



Setelah proses shrink volume selesai, kapasitas partisi (misal C:) akan menyusut sesuai yang anda masukkan tadi, dan akan muncul kotak baru yang berwarna hitam dan berlabel unallocated dan kemudian klik Format Partition.

6. Beri nama partisi



Berikan nama pada partisi baru tersebut, hal ini digunakan untuk memudahkan saat memilih letak Windows 8 akan di install.

7. Re-boot DVD atau Flashdisk Windows 8
Setelah partisi baru sudah siap, masukkan DVD atau Flashdisk yang berisi Windows 8, Atur bios boot dari DVD Room atau USB jika kalian menaruh Windows 8 di Flashdisk.

8. Install Begin



Pilih bahasa, click "Install Now" dan proses instalasi mulai.

9. Product Key



Product key sudah anda catat bukan? Ketikkan product key-nya.

10. Pastikan pilih Custom



Akan muncul pilihan Upgrade atau Custom, pastikan kalian memilih Custom agar Windows 8 tidak menimpa Windows 7

11. Pilih partisi



Pilih partisi yang telah kalian buat tadi, dan proses instalasi Windows 8 akan berjalan, proses ini cukup memakan waktu yang lama. Untuk selanjutnya ikuti instruksi yang ada pada layar monitor anda.

12. Done!



Setelah instalasi selesai, PC anda akan restart sendiri, saat booting kalian akan menjumpai pilihan Windows 8 dan Windows 7. Bila anda tidak segera memilih setelah 30 detik sistem akan otomatis masuk ke sistem operasi default, yaitu Windows 8, kalian juga bisa mengubah defaultnya.

Akhirnya kalian bisa menikmati Windows 8 dan Windows 7 dalam satu PC.

(ec)
Komentar