Injil Barnabas Ungkap Yesus Tak Wafat di Salib

Senin, 23 Juli 2012
Injil Barnabas Ungkap Yesus Tak Wafat di Salib
Jika selama ini umat Kristian meyakini jika Yesus wafat pada tiang salib, namun peneliti Turki yang berhasil menerjemahkan naskah Injil Barnabas berusia 1.500 tahun. Kitab suci ini kabarnya berisi cerita Yesus tidak wafat dalam penyaliban tersebut.

"Yesus di kitab ini disebut hanya manusia biasa," ujar Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Turki Erugrul Gunay, seperti dikutip stasiun televisi Al Arabiya, Senin (4/6).

Sepekan lalu beredar beberapa hasil terjemahan para peneliti Turki, dimana dari kitab berbahasa Aramaik ini menyatakan Yesus mengaku dirinya serupa dengan manusia lain. "Aku seperti manusia lain, dilahirkan dari seorang wanita, dan bakal menghadapi pengadilan Tuhan," demikian bunyi salah satu ayat dimuat situs Y-Jesus.

Dalam situs yang sama tersbeut juga menjelaskan jika sosok yang mati di tiang salib tersebut adalah Yudas Iskariot, murid Yesus. Dua temuan ini dianggap menggoyahkan fondasi iman agama Nasrani.

Beberapa pihak meragukan keaslian naskah milik Turki itu. Salah satunya adalah Pastor İhsan Özbek. Kepada Harian Zaman, pemuka agama Kristen di Ankara ini menilai injil yang dimiliki pemerintah mungkin sudah ditulis ulang. "Santo Barnabas hidup di abad pertama, sementara ahli memperkirakan naskah itu berasal dari abad kelima atau keenam. Kemungkinan murid Barnabas yang menulis," ujar Özbek.
(Foto @sahabatyesus.blogspot.com/rha)
Komentar