Keluarkan Dana Rp 70 M, Foke Jauh Tertinggal dari Jokowi yang Bermodal Mini

Selasa, 17 Juli 2012
Keluarkan Dana Rp 70 M, Foke Jauh Tertinggal dari Jokowi yang Bermodal Mini

Dana fantastis senilai 70 miliar digelontorkan oleh pihak Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli (Foke-Nara) untuk modal kampanye, ternyata tak membuat cagub dan cawagub ini unggul. Sedangkan jauh lebih sedikit hanya dengan dana sekitar 9 miliar pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama (Jokowi-Ahok) berhasil lebih unggul. 

Baca Selengkapnya : Kubu Foke Tuduh Jokowi Lakukan Penyuapan untuk Menang!

Dengan dana kampanye Rp 70 miliar, Fauzi memang bisa melakukan apa saja. Iklannya ada di semua televisi, radio, spanduk, dan baliho. Sebagai incumbent, dia juga leluasa berkampanye mengatasnamakan Gubernur Jakarta. Dukungan tokoh juga tak kurang. Ryaas Rasyid, Wiranto, dan Sutiyoso berada di belakangnya.

Namun sayangnya semua itu tak menjaminnya untuk unggul, perolehan suara pasangan Fauzi Bowo Nachrowi Ramli, versi hitung cepat sejumlah lembaga survei, di bawah pasangan Jokowi-Ahok, yaitu sekitar 33 persen. Sedangkan pasangan Jokowi-Ahok meraup dukungan terbanyak, yaitu 42,6 persen.

Belakangan, keunggulan Jokowi-Ahok ini dipersoalkan pasangan Foke-Nara. Melalui tim advokasinya, pasangan nomor urut satu itu menuding ada praktek politik uang yang telah dilakukan secara masif oleh pendukung pasangan Jo­kowi-Ahok pada putaran pertama lalu. Pasalnya pihak Jokowi - Ahok telah memberikan suap kepada msyarakat untuk memilihnya.

Seperti dilansir dari Tempo, menanggapi tuduhan hal ini Jokowi menjawab cukup dengan singkat saja. "Jangan dibalik-baliklah," katanya yang terkesan mengarah ke dana kampanyenya yang minim dan jauh dari dana Foke yang lebih mungkin melakukan hal demikian.

(Foto @ceritamu.com/rha)
Komentar